Anjangsana IKSI FIB UI ke BEMP PBSI dan BEMP se UNJ

Rabu, 4 Oktober 2017, Ikatan Keluarga Sastra Indonesia (IKSI) Fakultas Ilmu Budaya (FIB), Universitas Indonesia (UI) melakukan anjangsana ke BEMP Prodi Pendidikan  Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI) FBS UNJ dan BEMP Sastra Indonesia (Sasindo) FBS UNJ. Kegiatan yang dilaksanakan di Aula Gedung Moh. Hatta UNJ ini bertujuan untuk menpererat tali silaturahmi antarmahasiswa Prodi Sasindo dan Prodi PBSI di seluruh wilayah DKI Jakarta, khususnya mahasiswa Prodi Sasindo UI dengan Prodi PBSI FBS UNJ  dan Prodi Sasindo FBS UNJ.

Dalam kegiatan ini, baik IKSI FIB UI, BEMP PBSI FBS UNJ, maupun BEMP Sasindo FBS UNJ saling memperkenalkan departemen yang ada di organisasinya masing-masing. IKSI FIB UI, BEMP PBSI FBS UNJ, serta BEMP Sasindo FBS UNJ juga menjelaskan program kerja apa saja yang dimiliki oleh masing-masing organisasi.

Selain itu, ketiga organisasi tersebut sama-sama memperkenalkan dan menjelaskan kegiatan bulan bahasa yang akan digarapnya. Dari IKSI FIB UI sendiri acara bulan bahasa dinamakan dengan Falasido, dengan tema yang diusung  tentang sastra kolonial. Sementara itu, BEMP PBSI FBS UNJ menamakan acara bulan bahasa dengan nama yang sama yaitu bulan bahasa, yang di dalamnya terdapat 4 konten acara, yaitu lokakarya, Gebyar Bahasa dan Sastra Indonesia (Gesastrasia) yang berisi perlombaan untuk siswa SMP dan SMA, bazar buku dan pameran sekolah mitra PKM/PPL, serta Gelar Diksi (Pagelaran Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia). BEMP Sasindo FBS UNJ sendiri menamakan acara bulan bahasa mereka dengan sebutan Riung Sastra.

Pada kegiatan tersebut juga diadakan sesi tanya jawab, yaitu ketiganya saling menanyakan hal-hal yang dirasa berbeda dan menarik untuk dibahas dari tiap-tiap organisasi. Acara tersebut berjalan lancar dan diakhiri dengan penyerahan plakat dari BEMP PBSI dan BEMP Sasindo FBS UNJ kepada IKSI FIB UI dan penyerahan poster dari Bulan Bahasa BEMP PBSI UNJ dan poster Riung Sastra BEMP Sasindo FBS UNJ kepada IKSI FIB UNJ. (ida)