Setiap pekan, LP3M UNJ menyelenggarakan kegiatan-kegiatan positif bagi para dosen UNJ dalam bentuk seminar atau pelatihan. Pada Selasa, 26 September 2017, pukul 13.00-16.00 WIB diselenggarakan kegiatan Pelatihan Cara Membuat Soal Evaluasi oleh LP3M UNJ. Kegiatan ini dilaksanakan di Gedung Ki Hajar Dewantara Lantai 5 UNJ. Prof. Dr. Yetti menjadi narasumber kegiatan yang sangat bermanfaat bagi para dosen ini. Bapak Dr. Asep Supena, Koordinator Pusat Pengembangan Akademik dan Disabilitas, membuka kegiatan ini sekaligus menjadi moderator. Tampak hadir Koordinator Pusat Sertifikasi Guru dan Dosen, Bapak Dr. Khaerudin yang turut menyampaikan pandangannya terkait penggunaan aplikasi Sahabat sebagai media yang dibuat Bapak Khaerudin untuk membantu peserta PPG SM3T dan PPG-T UNJ dalam berlatih mengerjakan soal-soal UTN.

Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (Prodi PBSI), Fakultas Bahasa dan Seni (FBS) UNJ melibatkan para dosennya yang terlibat dalam mengerjakan tagihan Hibah Perangkat Pembelajaran untuk berperan serta sebagai peserta aktif dalam kegiatan pelatihan ini. Tampak hadir Koorprodi PBSI, Ibu N. Lia Marliana bersama dengan Bapak Sam Mukhtar Chaniago, Ibu Sri Suhita, Ibu Suhertuti, dan Ibu Rahmah Purwahida. Semua dosen yang prodinya memperoleh hibah memang diundang khusus mengikuti Pelatihan Cara Membuat Soal Evaluasi Pilihan Ganda, Esai, Penilaian Kinerja, dan Penilaian Produk yang dikoordinasi oleh Bapak Asep Supena.

Narasumber pelatihan, Ibu Yetti sangat komunikatif menyampaikan materinya. Beliau menjalin interaksi dengan peserta melalui tanya jawab interaktif. Peserta sesekali diminta maju menceritakan pengalaman mengevaluasi dengan beragam jenis alat evaluasi pada mata kuliah masing-masing. Penjelasan yang dipaparkan beserta contoh yang kontekstual ini melengkapi tayangan powerpoint beliau. Para peserta pun antusias bertanya mengenai permasalahan seputar cara mengevaluasi mahasiswa pada mata kuliah yang diampu. Bapak Sam dan Ibu Rahmah turut berperan aktif berinteraksi dan berkomunikasi dengan narasumber. Kegiatan ini sayangnya harus berakhir pada pukul 16.00.(nlm)