Mulai Senin, 25 September 2017, kegiatan Pendidikan dan Latihan Profesi Guru Tahap I yang diselenggarakan oleh Panitia PLPG Rayon UNJ dilaksanakan di dua lokasi, yaitu di Grand Mutiara Puncak dan di Wisma Kinasih Depok. Kegiatan PLPG Rayon UNJ Tahap I ini dimulai 25 September hingga 5 Oktober 2017.

Para dosen Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI) FBS UNJ mendapat giliran di tahap I ini menjadi instruktur dari 33 peserta di Wisma Kinasih. Para guru Bahasa Indonesia dari berbagai daerah dan sekolah ini,  sebelumnya telah memperoleh pembekalan materi secara daring saat mentoring selama dua bulan. Pada 26 September 2017 mereka mempresentasikan laporan akhir mentoring di hadapan para instruktur Prodi PBSI, yaitu Ibu Sri Suhita di kelompok pertama di Ruang Saung Kadaka 2; Ibu Suhertuti di kelompok kedua di Ruang Matoa 9; dan Ibu N. Lia Marliana di kelompok ketiga di ruang Saung Kadaka 2A. Ke-33 peserta ini setelah presentasi dalam masa 6 jam, lalu mendapat pendalaman materi linguistik oleh Ibu Sintowati Rini Utami hingga Rabu petang, 27 September 2017. Kemudian, Kamis 28 September 2017 mendapat pendalaman materi sastra oleh Ibu Sri Suhita. Tidak hanya materi linguistik dan sastra, peserta pun mendapat pembekalan materi pedagogik oleh Bapak Edi Puryanto pada Sabtu, 29 September 2017.

Kegiatan PLPG ini pada hakikatnya untuk menghadilkan produk perangkat pembelajaran melalui kegiatan worskhop. Kegiatan workshop penyusunan perangkat pembelajaran dilakukan selama 30 jam, dari tanggal 30 September hingga 2 Oktober 2017 oleh Bapak Erfi Firmansyah dan Ibu Siti Ansoriyah; Ibu Suhertuti dan Ibu Siti Gomo Attas, dan Bapak Sam Mukhtar Chaniago dan Ibu N. Lia Marliana. Setelah kegiatan workshop, perangkat pembelajaran itu pun dipraktikkan dalam kegiatan latihan peerteaching dan ujian kinerja selama masing-masing 10 jam dalam tiga kelompok kecil seperti kelompok presentasi. Hingga akhirnya semua peserta melaksanakan Ujian Tulis Lokal (UTL) dan Ujian Tulis Nasional (UTN) daring di Pustikom UNJ. Hanya peserta yang memiliki nilai UKG minimal 80 yang terbebas dari melaksanakan UTN. Kegiatan PLPG Tahap I pun berakhir di UNJ pada 5 Oktober 2017. (nlm)