Salah satu program kerja di Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia adalah peningkatan mutu perkuliahan. Kegiatan peningkatan mutu perkuliahan dilakukan dengan banyak cara, di antaranya mengundang dosen tamu/pakar ke dalam kelas, melakukan kunjungan ke instansi terkait, menyelenggarakan seminar, dan sebagainya. Mata kuliah Penulisan Kreatif yang diampu oleh Erfi Firmansyah, S.Pd., M.A. dan Dr. Irsyad Ridho, S.Pd. ini melaksanakan kegiatan peningkatan mutu perkuliahan melalui kehadiran pakar ke dalam kelas. Selama kuliah ini berlangsung, mahasiswa akan mendatangkan beberapa pembicara tamu yang profesional di bidang penulisan. Mahasiswa menjadi penyelenggara kegiatan (sebagai panitianya). Pakar pertama diundang pada 18 Maret 2016, dengan menghadirkan Ibrahim L. Karim. Beliau adalah salah satu fotografer jurnalistik. Beliau juga ialah alumni dari Fakultas Ilmu Sosial dan Kelompok Mahasiswa Pecinta Fotografi (KMPF) Universitas Negeri Jakarta.
Pakar kedua peningkatan mutu perkuliahan Penulisan Kreatif, yaitu Muchtar Wijaya, seorang alumni dari Jurusan Bahasa Arab, Universitas Negeri Jakarta. Beliau hadir untuk memberikan kuliah umum kepada mahasiswa penulisan kreatif tentang sistematika pengolahan berita di media massa. Kuliah umum ini diadakan di gedung Q 102, mulai dari pukul 10.00 hingga pukul 12.30 WIB. Beliau ialah orang yang berpengalaman dalam bidang jurnalistik. Beliau pernah bergabung pada beberapa instansi terkait media massa, yaitu Jawa Pos, Radio Pas FM, dan sekarang beliau memiliki media massa online yang dikembangkan beliau bersama beberapa temannya bernama Kedai Mikro. Selama perkuliahan umum berlangsung, sangat jelas dipaparkan tentang media massa, dari mulai perkembangannya, keadaan masa lalu dan sekarang, tantangan media masa zaman sekarang, hingga bagaimana mendapatkan keuntungan lewat media massa tersebut. Selama perkuliahan berlangsung, animo mahasiswa untuk bertanya sangat besar.
Selanjutnya, pada 1 April 2016, mata kuliah Penulisan Kreatif  mendatangkan pembicara kembali, yaitu Djony Edward, wartawan Bisnis Indonesia, yang menyajikan materi investigatif reporting kepada mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. (NLM, RD)