Rapat Kerja Penyusunan Kurikulum PLPG 2017

Koordinator Pusat Sertifikasi Guru dan Dosen UNJ, Bapak Dr. Khaerudin  membuka kegiatan Rapat Kerja Penyusunan Kurikulum PLPG tahun 2017 pada Rabu, 6 September 2017, pukul 16.00-19.00, di Aula Lantai 8 Gedung Ki Hajar Dewantara UNJ. Kegiatan ini dihadiri oleh para Koorprodi dan dosen Koordinator PLPG se-UNJ. Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI) tidak ketinggalan ikut serta dalam kegiatan ini. Koorprodi PBSI, Ibu N. Lia Marliana bersama Ibu Suhertuti turut hadir menyusun kurikulum PLPG ini.

Dalam paparannya, Bapak Khaerudin menjelaskan bahwa dalam rancangan PLPG tahun ini, ada beberapa kegiatan utk memaksimalkan kompetensi guru sehingga bisa lulus di UTN PLPG.

Salah satu upayanya yaitu dengan kegiatan pembekalan materi pedagogik dan substansi materi bidang studi (mentoring Agustus-17 September). Dalam kegiatan mentoring ini, peserta PLPG membuat laporan 1 tugas pedagogik, 3 tugas substansi. Nilai peserta PLPG diperoleh dari: 1) Nilai tugas saat mentoring; 2) Nilai proses atau aktivitas peserta diganti dengan laporan akhir; 3) Nilai presentasi laporan akhir pada saat tatap muka PLPG.

Bapak Khaerudin memaparkan ada temuan selama mentoring tersebut, guru yang aktif akun dan ikut pendampingan/ikut berdiskusi; ada guru yang aktif akun, tetapi pasif; serta ada guru yang sama sekali tidak aktivasi akun. Hal ini bisa disebabkan karena kurangnya sosialisasi.

Jika ada peserta yang baru aktif pada akhir masa mentoring, ybs tetap harus memenuhi 4 laporan secara daring dan membuat laporan akhir yang dipresentasikan saat PLPG tatap muka.

GTK juga membuat rancangan yang harus dipersiapkan instruktur dalam PLPG, yaitu menyiapkan kurikulum dan RPP kegiatan materi pendalaman pedagogik dan pendalaman materi bidang studi

Prodi sebaiknya membuat bahan ajar suplemen. Uji tulis lokal juga dibuat Prodi sebagai persyaratan peserta mengikuti UTN. Prodi akan membuat struktur kurikulum PLPG pada hari Rabu, 6 September dan Sabtu, 9 September 2017.

Struktur kurikulum PLPG ini meliputi A1 Kebijakan Profesi Guru 6 jam, A2 presentasi laporan pendampingan 6 jam 3 dosen 30 peserta, @10 peserta 1 instruktur. Total 18 jam. B1 Pendalaman materi bidang studi total 28 jam, 3 materi linguistik, sastra, kemahiran (dibuatkan RPP-nya), B2 pendalaman materi pedagogik total 8 jam, meliputi: 1) Karakteristik peserta didik; 2) Teori dan prinsip belajar; 3) Pengembangan kurikulum; 4) Pemanfaatan TIK; 5) Pengembangan potensi peserta didik; 6) Komunikasi yang efektif; 7) Penilaian proses dan hasil belajar; 8) PTK. C1 Workshop Pengembangan Perangkat Pembelajaran 30jam terdiri atas: 1) Pengembangan silabus dan RPP (5jp); 2) Pengembangan bahan ajar (10jp); 3) Pengembangan media pembelajaran (10jp); 4) Pengembangan instrumen evaluasi (LKS) (5jp). Kegiatan PLPG tatap muka ini akan dimulai pada 25 September 2017. (nlm).