Kuliah Perdana “Talkshow Alumni” Prodi PBSI FBS UNJ

Tiga alumnus Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni, IKIP Jakarta menjadi narasumber dalam Kuliah Perdana Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (Prodi PBSI) Fakultas Bahasa dan Seni (FBS), Universitas Negeri Jakarta (UNJ). Kegiatan yang berlangsung Senin, 4 September 2017, pukul 08.30-12.00 di Aula UPT Perpustakaan UNJ ini dipenuhi 200 mahasiswa Prodi PBSI FBS UNJ gabungan dari angkatan 2017, 2016, 2015, dan perwakilan angkatan 2014.

Kegiatan Kuliah Perdana yang dibuka dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya ini dihadiri oleh Dekan FBS Ibu Liliana Muliastuti yang sekaligus menyampaikan sambutan dan membuka kegiatan kuliah perdana secara resmi. Beliau didampingi para wakil dekan, yaitu Wakil Dekan I FBS Bapak Ifan Iskandar, Wakil Dekan II FBS Ibu Dian Herdiati, dan Wakil Dekan III FBS Bapak Syamsi Setiadi. Tampak hadir Koordinator Prodi (Koorprodi) PBSI Ibu N. Lia Marliana yang menyampaikan laporan kepada pimpinan FBS bahwa kegiatan kuliah perdana ini merupakan kali kedua sebagai salah satu media menyosialisasikan visi, misi, tujuan, dan profil lulusan Prodi PBSI, serta menginspirasi dan memotivasi para mahasiswa bahwa tidak salah memilih Prodi PBSI FBS UNJ. Mahasiswa menjadi yakin bahwa ilmu pendidikan bahasa dan sastra Indonesia tidak hanya dapat menjadi guru, tetapi dapat pula menjadi sosok hebat dan luar biasa seperti para narasumber tiga alumnus Prodi PBSI yang dihadirkan dalam kuliah perdana tersebut. Hal ini pun ditegaskan kembali oleh Dekan FBS dalam sambutannya bahwa para mahasiswa kelak tidak hanya menjadi guru Bahasa Indonesia di dalam negeri, tetapi dapat pula menjadi guru Bahasa Indonesia di luar negeri.

Pada kegiatan ini, hadir para dosen Prodi PBSI FBS UNJ, yaitu Ibu Sri Suhita, Ibu Suhertuti, Ibu Sintowati Rini Utami, Ibu Siti Ansoriyah, Ibu Reni Nur Eriyani, Ibu Rahmah Purwahida, dan Ibu Marlina. Sementara itu, BPH BEMP PBSI dan staf menjadi panitia dalam kegiatan ini. Termasuk pengisi acara, yaitu Fatimah yang membacakan puisi di depan hadirin pun merupakan staf BEMP PBSI. Ketua BEMP PBSI, Wisnu Ismaya menjadi pewaranya bersama Dessy dalam balutan busana adat Betawi sebagaimana latar dekorasi aula tempat kuliah perdana yang bernuansakan kebetawian.

Kegiatan kuliah perdana tahun 2017 ini mengusung tema yang sama dengan sebelumnya, yaitu “Melalui Berbagi Pengalaman Alumni, Kita Capai Tiga Profil Lulusan dan Wujudkan Visi, Misi, dan Tujuan Prodi PBSI FBS UNJ”. Kuliah perdana disajikan dalam bentuk “Talkshow Alumni” dengan mengundang Bapak Syarifudin Yunus, alumnus angkatan 1989, Ketua Ikatan Alumni Bahasa Indonesia (Ika Bindo) FBS UNJ, dosen Unindra, penulis, wirausahawan; Ibu Ima Rohima, alumnus angkatan 1991, widyaiswara DKI Jakarta, penulis buku pelajaran, guru berprestasi; dan Bapak Waridin, alumnus angkatan 1993, wakasek dan guru Bahasa Indonesia di SMAN 8 Jakarta, guru Bahasa Indonesia di Argentina pada 2009-2010, dan instruktur nasional.

Tampak antusiasme para mahasiswa melalui banyaknya pertanyaan yang diajukan kepada para narasumber. Hal ini membuat sesi tanya jawab diberikan dalam beberapa termin. Semua narasumber menjawab pertanyaan mahasiswa berkaitan dengan kiat-kiat narasumber dapat mengelola waktu sehingga mampu berbagi dengan banyaknya kegiatan positif yang digeluti. Pertanyaan pun mengenai motivasi apa yang membuat narasumber menyukai bidang yang awalnya tidak diminati. Hingga pertanyaan mengenai tokoh idola dan alasan mengidolakan tokoh tersebut oleh semua narasumber.  Semua pertanyaan diajukan oleh mahasiswa angkatan 2017.

Sebelum ditutup dengan doa dan sesi berfoto bersama, para narasumber mendapat cendera hati dari Prodi PBSI berupa sertifikat, vector, dan buket makanan yang diberikan oleh Koorprodi PBSI bersama para dosen. Sebelumnya, Bapak Syarifudin Yunus didaulat membaca puisi di depan audiens. Kegiatan kuliah perdana pun berakhir pada pukul 12.00. (nlm)