Pelepasan Wisudawan Prodi PBSI FBS UNJ

Aula UPT Perpustakaan UNJ pada Rabu, 30 Agustus 2017, pukul 09.30-12.30 tetiba menjadi semarak dan penuh keriaan oleh gelak tawa para dosen dan para wisudawan Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI) FBS UNJ. Betapa tidak, saat itu dilaksanakan kegiatan Pelepasan Wisudawan Prodi PBSI FBS UNJ yang dikemas panitia dengan sangat menarik dan penuh canda tawa. Keharuan karena harus berpisah dengan Prodi pun terobati dengan keharmonisan dan kebersamaan terakhir antara para dosen dan para wisudawan. 

 

Kegiatan pelepasan wisudawan ini diketuai oleh Achmad Zaelani. Dalam laporannya, Zaelani menjelaskan bahwa terdapat 68 wisudawan yang akan dilepas oleh Prodi PBSI dan melaksanakan wisuda pada 20 September nanti. Kemudian, laporan ketua panitia ini dilanjutkan dengan sambutan Koorprodi PBSI Ibu N. Lia Marliana. Beliau menyampaikan rasa bangga dan bersyukur tak berkira karena pada semester 106 ini, para wisudawan telah menorehkan prestasi bagi Prodi PBSI. Sebagai lulusan dengan IPA tertinggi se-FBS dengan nilai 3,96 (diraih Sauzan Az Zahra); sebagai prodi dengan rerata nilai lulusan tertinggi se-FBS dengan nilai 3,61; sebagai prodi yang meluluskan jumlah wisudawan terbanyak se-FBS, yaitu 68 wisudawan; dan ditambah prestasi para wisudawan yang diwakili Farkhan Sutansyah mendapat penghargaan dari FBS sebagai peraih juara kedua lomba cipta cerpen dalam ajang Peksiminas tahun 2016. 

 

Para wisudawan membuat beberapa kejutan dalam kegiatan pelepasan wisudawan ini. Dua pewaranya, Ipih Sopani dan Sifani membacakan pemenang “Dosen Awards” dan “Mahasiswa Awards”.  Pada kesempatan ini pun, beberapa perwakilan wisudawan terbaik, wisudawan berprestasi, dan wakil wisudawan dari angkatan terlama menyampaikan kesan-kesannya di hadapan para dosen dan para wisudawan. Dari dosen, empat dosen senior di Prodi PBSI pun turut menyampaikan wejangan kepada para wisudawan. Para wisudawan pun memberikan kenang-kenangan kepada Prodi PBSI dalam bentuk satu set kursi tamu yang diserahkan oleh Ketua Panitia secara simbolik kepada Koorprodi PBSI. Sebelum akhir acara, semua wisudawan memberikan setangkai bunga kepada para dosen sambil bersalaman berpamitan. Acara pelepasan wisudawan pun ditutup dengan sesi berfoto bersama di atas panggung dan di area photo booth di dalam aula. (nlm)