Yudisium 68 Lulusan Prodi PBSI FBS UNJ

Pada 26 Agustus 2017 pukul 09.00-11.00 dilaksanakan kegiatan Yudisium Lulusan Semester 106 Tahun 2017 dari 12 prodi di FBS. Sebanyak 367 lulusan dari 12 prodi sarjana dan magister di FBS melaksanakan yudisium dengan mengenakan atasan putih bawahan hitam dan jaket almamater. Demikian pula Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI) yang pada semester 106 ini meluluskan 68 orang. Lulusan dari Prodi PBSI merupakan lulusan dengan jumlah terbanyak di FBS.

Kegiatan yudisium ini dibuka oleh Dekan FBS, diikuti laporan ketua panitia Yudisium, yaitu Wakil Dekan I FBS. Dalam  Yudisium Semester 106 ini terdapat 367 lulusan telah menyelesaikan 308 skripsi, 27 tugas akhir, 20 makalah komprehensif, dan 12 tesis. Demikian pula di dalamnya terdapat 64 skripsi lulusan dari Prodi PBSI dan 4 makalah komprehensif dari Prodi PBSI.

 Dilaporkan juga lulusan dengan Indeks Prestasi Akhir (IPA) tertinggi dari Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia atas nama Sauzan Az Zahra, dengan nilai IPA 3,96 yang lulus tepat waktu dalam masa studi 4 tahun. Dilaporkan pula lulusan berprestasi dari setiap prodi di FBS. Dari Prodi PBSI, terdapat banyak lulusan yang berprestasi. Namun, FBS hanya memilih satu lulusan berprestasi dari Prodi PBSI untuk mendapatkan penghargaan dari Pimpinan FBS, yaitu Farkhan Sutansyah. Dia menulis buku kumpulan cerpen “Kelas Melamun” bersama Galeh Pramudianto, Faisal Fathur, dan Reza Deni pada tahun 2017 yang diterbitkan oleh Phoenic Publisher; Farkhan menjuarai Peksiminas tahun 2016 dalam tangkai lomba cipta cerpen sebagai juara kedua, juara pertama lomba cipta cerpen Piala Indonesia 2016, serta juara pertama lomba cipta cerpen tingkat mahasiswa.

 Prodi PBSI pun kembali meraih rerata nilai IPA para lulusan tertinggi se-FBS seperti yudisium sebelumnya. Sebelumnya rerata nilai IPA lulusan Prodi PBSI 3,55. Pada semester 106 ini masih tertinggi dari Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, yaitu 3,61.

Ketua GPJM FBS membacakan tiga nama lulusan terbaik yang mewakili prodinya masing-masing untuk memperoleh Surat Kelulusan dari Koorprodi secara simbolik. Dari Prodi PBSI, tiga nama terpilih yang dipanggil ke depan memperoleh Surat Kelulusan yaitu Sauzan dengan IPA 3,96; Sifani dengan IPA 3,95; dan Fauziah dengan IPA 3,90. Mereka bertiga mendapat ucapan selamat dari Dekan FBS dan Koorpordi PBSI. Sementara lulusan yang tidak dipanggil namanya kemudian mendapat Surat Kelulusan dari para staf FBS yang dibagikan secara bergiliran setelah prosesi yudisium selesai. (nlm)