Pengenalan PA pada MPA Prodi PBSI

Penasihat akademik adalah dosen yang ditunjuk dan diserahi tugas membimbing sekelompok mahasiswa yang bertujuan untuk membantu mahasiswa dalam merancang, melaksanakan, dan menyelesaikan studinya seefisien mungkin sesuai dengan kondisi dan potensi individual mahasiswa. Penasihat Akademik (PA) sangat berperan penting dalam kehidupan akademik mahasiswa.

Demikian pula dalam Masa Pengenalan Akademik (MPA) di Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI) FBS UNJ, terdapat mata agenda Pengenalan PA dan Pengisian Kartu Rencana Studi (KRS). PA tidak hanya berperan sebagai narasumber bagi mahasiswanya, tetapi juga sebagai penasihat akademik, pembimbing, motivator, fasilitator, dan model bagi mahasiswanya. Oleh sebab itu, Koorprodi PBSI menugaskan empat dosen PBSI yang jumlah mahasiswa PA-nya sudah berkurang karena telah lulus; sebagai PA maba 2017. Keempat dosen PA tersebut ialah Ibu Endry Boeriswati PA kelas 1 PB 1, Ibu Nurita Bayu Kusmayati dan Bapak Edi Puryanto PA kelas 1 PB 2, serta Ibu Reni Nur Eriyani PA kelas 1 PB 3.

Pada hari kedua kegiatan MPA Prodi PBSI, yaitu Rabu, 23 Agustus 2017, pukul 08.30 maba dipertemukan dengan para PA-nya. Sayangnya dua PA berhalangan hadir, sehingga Ibu Endry dan Ibu Nurita digantikan oleh Koorprodi (Ibu N. Lia Marliana) dan Dosen Pembimbing BEMP (Ibu Rahmah Purwahida). Ibu Reni Nur Eriyani dan Bapak Edi Puryanto berkesempatan berkenalan dengan mahasiswa yang di-PA-kan, sampai akhirnya maba Prodi PBSI kedatangan tamu, yaitu Dekanat FBS yang berkunjung dari prodi ke prodi melihat langsung pelaksanaan MPA di tingkat prodi. (nlm)