Pembukaan Masa Pengenalan Akademik Maba Prodi PBSI FBS UNJ

Setelah dua hari seluruh mahasiswa baru (maba) Program Studi (Prodi) Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI) Fakultas Bahasa dan Seni (FBS) Universitas Negeri Jakarta (UNJ) melaksanakan kegiatan MPA di Kampus B pada 19 Agustus 2017 dan di Aula Latif pada 21 Agustus 2017 maka selama tiga hari (22-24 Agustus 2017) maba melaksanakan kegiatan MPA di prodi. Prodi PBSI mendapat tempat MPA di Aula S UNJ. Jumlah maba Prodi PBSI yang melebihi 80 orang merupakan jumlah yang cukup besar dan Aula S cukup leluasa menampung maba Prodi PBSI.

 

Pada 22 Agustus 2017, Kegiatan MPA Prodi PBSI dibuka secara resmi oleh Koorprodi PBSI, Ibu N. Lia Marliana dengan memukul gong tiga kali setelah menyampaikan sambutan di hadapan maba. Setelah itu, mulailah pemaparan Korprodi mengenai profil prodi dan kurikulum prodi. Pada saat hendak masuk ke bagian pengenalan dosen prodi, para dosen Prodi PBSI memasuki ruangan Aula S dan menempati kursi di atas panggung. Sebanyak 10 dosen Prodi PBSI hadir memenuhi undangan Koorprodi, yaitu Ibu Suhertuti, Bapak Sam Mukhtar Chaniago, Ibu Sintowati Rini Utami, Ibu Endry Boeriswati, Ibu Liliana Muliastuti, Ibu Siti Ansoriyah, Bapak Edi Puryanto, Ibu Reni Nur Eriyani, Ibu Rahmah Purwahida, dan Ibu Marlina. 

 

Semua dosen yang hadir menjadi pemateri  (narasumber) MPA Prodi. Ibu Reni meneruskan pemaparan Koorprodi dengan menjelaskan sarana prasarana prodi. Dilanjutkan Bapak Sam, Ibu Suhertuti, dan Ibu Sinto mengajarkan para maba beretika yang baik dengan topik materi Nilai Budaya dan Etika Kehidupan Pendidikan Tinggi. Ibu Endry dan Ibu Ansoriyah melanjutkan materi dengan topik Penyesuaian Diri di PTN dan Kiat Sukses di Perguruan Tinggi. Paparan ini mengakhiri materi MPA oleh dosen pada hari pertama MPA di Prodi. Pada pukul 11.00 acara dilanjutkan dengan pengenalan mahasiswa dan alumni berprestasi dari Prodi PBSI. 

 

Hingga akhirnya MPA hari pertama di tingkat prodi ini selesai pada pukul 15.00 berlanjut dengan lomba yel-yel antarprodi di FBS, bertempat di lapangan UNJ sampai dengan pukul 17.00. Kemenangan maba Prodi PBSI sebagai yel-yel terbaik dari semua prodi menjadi penutup yang manis pada kegiatan MPA di Prodi hari pertama. (nlm)