Workshop Kurikulum Prodi PBSI di UNJ

 

Bersamaan dengan kegiatan pembukaan MPA mahasiswa baru UNJ tahun 2017 di Kampus B UNJ, pada Sabtu, 19 Agustus 2017 dilaksanakan kegiatan Workshop Kurikulum bagi Penerima Hibah Perangkat Pembelajaran di Gedung Ki Hajar Dewantara Lantai 4 UNJ pada pukul 09.00-16.00. Kegiatan workshop ini terlaksana selama dua hari hingga Minggu, 20 Agustus 2017.

Undangan workshop ini ditujukan bagi tujuh prodi yang pada tahun lalu telah memperoleh Hibah Revitalisasi Kurikulum LPTK, salah satunya Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI) Fakultas Bahasa dan Seni (FBS). Ketujuh koordinator prodi membawa serta lima dosen pengampu mata kuliah yang menjadi model dalam hibah ini. Lima mata kuliah Prodi PBSI yang menjadi model, yaitu  mata kuliah Strategi Belajar Mengajar yang diampu oleh Suhertuti dan N. Lia Marliana, PMA Bahasa dan Sastra yang diampu Sri Suhita dan Sintowati Rini Utami, Apresiasi Sastra yang diampu oleh Sri Suhita dan Rahmah Purwahida, Linguistik Umum yang diampu oleh Sintowati Rini Utami, dan Keterampilan Menyimak yang diampu oleh Sam Mukhtar Chaniago.

Bapak Asep Supena, Koordinator Pusat Pengembangan Akademik dan Layanan Disabilitas LPPPM UNJ membuka kegiatan ini sekaligus memberi penjelasan kerja pada awal workshop kepada seluruh dosen. Beliau menjelaskan bahwa pada tahun ini, tujuh prodi yang tahun lalu memperoleh hibah, berlanjut meraih hibah kedua yaitu Hibah Perangkat Pembelajaran. Pada workshop selama dua hari, para dosen diharapkan menyelesaikan tiga tagihan, yaitu 1) peta konsep materi mata kuliah, 2) capaian pembelajaran lulusan (CPL) yang diturunkan menjadi capaian pembelajaran mata kuliah (CPMK), sub-CPMK, dan indikator, serta 3) Rencana Pembelajaran Semester (RPS). Setelah workshop ini, akan dilaksanakan workshop-workshop berikutnya untuk menyusun powerpoint, outline buku ajar, membuat buku ajar, menyusun soal ujian, serta membuat video pembelajaran. (nlm)