Para Koordinator Program Studi (Koorprodi) di FBS UNJ melaksanakan Rapat Persiapan Kegiatan MPA bersama Dekan FBS dan Wakil Dekan III FBS. Begitu pula dengan Koorprodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI). Selain pimpinan fakultas, hadir pula Kabag TU FBS dan Kasubag Perlengkapan FBS. Rapat ini dilaksanakan pada Jumat, 4 Agustus 2017, pukul 13.30-15.30 di Ruang Rapat 214, Gedung E lantai 2 FBS UNJ.

 

Rapat dibuka oleh Dekan FBS Ibu Dr. Liliana Muliastuti, M.Pd. diikuti pemaparan MPA oleh Wakil Dekan III FBS Bapak Dr. Syamsi Setiadi, M.Pd. Kegiatan MPA ini berdasarkan landasan yuridis SK Dirjen Belmawa Kemristekdikti No. 096/B1/SK/2016 tentang Panduan Umum Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB); SK Dirjen Belmawa Kemriktekdikti No. 116/B1/SK2016 tentang Perubahan SK Dirjen Belmawa Kemristekdikti No.096/B1/SK/2016 tentang Panduan Umum PKKMB; surat edaran No. 468/B/SE/2017 tentang PKKMB; dan SK Rektor UNJ No. 347/SP/2000 tentang Pedoman Pelaksanaan Masa Pengenalan Akademik UNJ.

 

Bapak Syamsi menjelaskan bahwa MPA tahun ini kembali dikelola oleh bidang III bukan lagi bidang I seperti tahun lalu. MPA dibuka pada 21 Agustus 2017 di Kampus B lalu diteruskan pengenalan organisasi dan lingkungan di FBS. Pada hari berikutnya, 22 Agustus 2017, MPA akan dipusatkan di Program Studi. Pada paparan Wadek III ini, sekaligus disampaikan penggunaan ruangan MPA oleh semua prodi di FBS. Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (Prodi PBSI) mendapat tempat di Aula DE UNJ. Namun karena pertimbangan jumlah mahasiswa Prodi PBSI (sebanyak 85 mahasiswa baru ditambah mahasiswa pindahan) tidak cukup jika ditampung di ruang tersebut, sehingga kegiatan MPA Prodi PBSI berpindah ke Aula S UNJ. Pada hari ketiga dan keempat, MPA tetap akan di prodi, namun dilakukan secara klasikal karena akan ada pertemuan dengan PA (penasihat akademik) pada Rabu, 23 Agustus pagi. Dekanat akan melakukan kunjungan pada Rabu ke semua prodi agar mahasiswa baru dapat mengenal lebih dekat jajaran pimpinan FBS. Rapat Persiapan MPA ini berakhir pada pukul 15.30. (nlm)