Koordinator Program Studi (Koorprodi) Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI) FBS dan Dosen Pembimbing BEMP PBSI mengajak para mahasiswa yang menjadi panitia Masa Pengemalan Akademik (MPA) Prodi PBSI untuk melakukan Rapat Persiapan MPA Prodi PBSI. Rapat ini dilaksanakan pada Jumat, 4 Agustus 2017, pukul 16.00-18.00 di Ruang Labkom, Gedung Q lantai 2. Para panitia merupakan pengurus BEMP PBSI periode 2017 yang tergabung dalam Kabinet Bagus (berimtak dan berintegritas, aktif dan edukatif, gerak cepat, unggul, dan selaras). 

 

Rapat diawali dan dibuka oleh Ibu Rahmah Purwahida, dosen pembimbing BEMP PBSI karena Koorprodi PBSI masih menguji skripsi saat itu. Kemudian, Koorprodi menyusul menyampaikan hasil rapat MPA dengan Dekan FBS dan Wakil Dekan III FBS dua jam sebelumnya, kepada para mahasiswa panitia MPA Prodi PBSI.

 

Koorprodi menjelaskan bahwa MPA tahun ini kembali dikelola oleh bidang III bukan lagi bidang I seperti tahun lalu. MPA akan dibuka pada 21 Agustus 2017 di Kampus B lalu diteruskan pengenalan organisasi dan lingkungan di FBS. Pada hari berikutnya, 22 Agustus 2017, MPA akan dipusatkan di Program Studi. Prodi PBSI mendapat tempat di Aula DE UNJ. Namun karena pertimbangan jumlah mahasiswa Prodi PBSI tidak cukup jika ditampung di ruang tersebut, sehingga MPA berpindah ke Aula S UNJ. Jumlah mahasiswa baru Prodi PBSI tercatat 22 mahasiswa jalur SNMPTN, 29 mahasiswa jalur SBMPTN, dan 34 mahasiswa jalur Penmaba; sehingga total 85 mahasiswa baru ditambah 1 mahasiswa pindahan dari Prodi Pendidikan Bahasa Jepang menjadi 86 mahasiswa baru angkatan 2017.

 

Pada hari ketiga dan keempat, MPA tetap akan dilaksanakan di prodi, namun dilakukan secara klasikal karena akan ada pertemuan dengan PA (penasihat akademik) pada Rabu, 23 Agustus pagi. Telah disiapkan 6 Penasihat Akademik bagi 3 kelas mahasiswa baru di Prodi PBSI. Selanjutnya nanti MPA akan diisi dengan pemberian materi terkait mata kuliah keprodian, organisasi mahasiswa yang ada di prodi, baik Opmawa maupun Ormawa. Rapat Persiapan MPA ini pun berakhir pada pukul 18.00 dan ditutup oleh Koorprodi PBSI FBS UNJ. (nlm)