Lokakarya Penulisan Ilmiah, Review, dan Penggunaan Website E-Journal

Pada 5-6 Juli 2017 dilaksanakan Lokakarya Penulisan Ilmiah, Review, dan Penggunaan Website E-Journal. Lokakarya ini dibuka oleh Dr. Wikanengsih, M.Pd., Ketua Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia STKIP Siliwangi Bandung. Kegiatan yang dilaksanakan di STKIP Siliwangi, Cimahi, Jawa Barat ini dihadiri sekitar 58 pengelola Jurnal Ilmiah dari berbagai universitas di Indonesia. Demikian pula dengan Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI), Fakultas Bahasa dan Seni (FBS), Universitas Negeri Jakarta (UNJ), turut menugaskan dua dosen pengelola jurnal prodi. Jurnal Prodi PBSI yaitu Jurnal Aksis, yang dikelola oleh

Dr.Siti Ansoriyah, M.Pd. dan Rahmah Purwahida M.Hum.

 

Pada hari pertama, pemaparan materi disampaikan oleh Dr. Resma. Hal-hal yang disampaikan mengenai pengelolaan jurnal ilmiah, pembagian tugas dalam Editorial Board, dan tips mengelola jurnal agar terakreditasi. Penyampaian materi ini disambut dengan semangat oleh para peserta. Hal ini ditandai dengan antusiasime peserta dalam bertanya seputar pengelolaan jurnal di universitasnya masing-masing. Pertanyaan seputar pengelolaan jurnal salah satunya ditanyakan oleh Dr. Aan Hasanah dari pengelola Jurnal Dinamika Universitas Surya Kencana Cianjur. 

 

Pemaparan materi pada hari selanjutnya diisi oleh Wahyu Hidayat, M.Pd. Pemaparan ini mengenai teknis pengelolaan jurnal secara OJS, persiapan-persiapan menuju jurnal terakreditasi, dan editorial board. Pertanyaan seputar akreditasi jurnal disampaikan oleh Rahmah Purwahida, M.Hum. editor Jurnal Aksis UNJ. Pertanyaan tersebut dijawab dengan lengkap oleh pemateri bahkan ditambahkan tips mengenai tips sukses pengelolaan jurnal nasional. (rp)