Pembekalan PKM Prodi PBSI FBS UNJ

Sebanyak 85 mahasiswa angkatan 2014 Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI), Fakultas Bahasa dan Seni (FBS), Universitas Negeri Jakarta (UNJ) mengikuti kegiatan Pembekalan Praktik Keterampilan Mengajar yang diselenggarakan Prodi PBSI, FBS, UNJ pada Kamis, 13 Juli 2017 pukul 13.30-16.00.  Kegiatan ini dilaksanakan di Aula lantai I Gedung DE UNJ. 

 

Koordinator PKM FBS, Ibu Ratna membuka kegiatan ini secara resmi dan memberikan sambutan. Sebelumnya, Koordinator PKM Prodi PBSI, Ibu Reni Nur Eriyani mengawali acara ini sekaligus menjadi pemandu narasumber dari FIP, Ibu Happy Karlina Marjo. Pada kesempatan ini, Koordinator PKM FBS sekaligus menginformasikan bahwa kegiatan Pembekalan dan Pelepasan PKM FBS akan dilaksanakan pada Rabu, 19 Juli 2017 pagi. 

 

Setelah sambutan Koordinator PKM FBS, narasumber PKM kemudian menyampaikan materinya mengenai etika akademik. Ibu Happy dalam paparannya menjelaskan tentang etika seorang guru dan bagaimana seharusnya seorang guru bersikap menghadapi siswa dengan beragam karakteristik dan permasalahan. Para mahasiswa dengan antusias menyimak penjelasan narasumber yang sesekali melontarkan pertanyaan kepada mahasiswa dengan kasus-kasus autentik di kelas.

 

Pembekalan PKM ini merupakan program kegiatan rutin Prodi PBSI FBS UNJ setiap menjelang semester ganjil. Setiap tahunnya, Prodi PBSI mengirimkan 80-100 mahasiswa PKM ke berbagai sekolah mitra UNJ (bergantung jumlah mahasiswa setiap angkatannya). Setiap sekolah dititipkan satu kelompok mahasiswa sebanyak 4-5 mahasiswa dengan didampingi satu dosen pembimbing prodi. Kegiatan pembekalan PKM di Prodi PBSI ini selalu dilaksanakan sebelum kegiatan Pembekalan dan Pelepasan PKM secara resmi oleh FBS dan UNJ. (nlm)