Pelatihan Turnitin bagi Dosen dan Admin di UNJ

Pelatihan Turnitin pernah dilaksanakan UNJ setahun lalu bagi semua Koordinator Prodi dan admin di UNJ dengan narasumber staf Wakil Rektor I UNJ. Tahun ini, Bidang Akademik UNJ menyelenggarakan kembali Pelatihan Turnitin bagi Dosen dan Admin di UNJ pada Kamis 20 Juli 2017 di Aula Gedung M. Syafei Lantai 8 UNJ. 

 

Kegiatan pelatihan dilakukan dalam tiga sesi. Sesi I bagi FMIPA, FT, dan FE pada pukul 08.00-10.00. Sesi II bagi FBS, FIS, dan Pascasarjana pada pukul 10.00-12.00. Sesi III bagi FIP, FIO, dan FPPsi pukul 13.00-15.00. Semua sesi dibuka oleh Wakil Rektor I UNJ dengan narasumber Ibu Sastri dari Unika Atma Jaya. 

 

Fakultas Bahasa dan Seni (FBS) pada sesi kedua, sayangnya kurang dimanfaatkan dengan baik oleh semua prodi. Hanya Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI), Prodi Pendidikan Bahasa Inggris, dan Prodi Sastra Inggris yang terlihat hadir. Koorprodi ketiga prodi tersebut turut langsung mengikuti pelatihan. Namun, hanya Koordinator Prodi PBSI yang membawa serta dosennya yang sekaligus mewakili admin prodi, yaitu Ibu Marlina.

 

Pada kesempatan ini, Ibu Sastri menjelaskan tentang aplikasi turnitin dan mengajarkan setahap demi setahap dari awal membuat akun, masuk ke dalam sistem, hingga akhirnya dapat mengecek tingkat similaritas karya ilmiah mahasiswa. Perbedaan pada Pelatihan Turnitin kali ini dengan tahun lalu, Narasumber sekaligus mengajarkan cara membuat akun kelas bagi para mahasiswa yang akan bergabung dalam kelas turnitin dan bagaimana cara mahasiswa menggunggah skripsinya di bawah koordinasi admin prodi.

 

Oleh karena itu, sebagai tindak lanjut dari Pelatihan Turnitin yang diikuti Koorprodi bersama Dosen DPK Prodi PBSI, Ibu Marlina ini, pada Jumat, 21 Juli 2017 pukul

10.00-11.30 WIB di Gedung Q.102 UNJ, Prodi PBSI langsung menyelenggarakan Pelatihan Turnitin bagi Mahasiswa Prodi PBSI angkatan 2010-2013 yang sudah akan mendaftar sidang skripsi dan komprehensif. Ibu Marlina pun kemudian menjadi narasumber dalam Pelatihan Turnitin ini. bagi Mahasiswa Prodi PBSI FBS UNJ. (nlm)