Pada Senin, 17 Juli 2017, pukul 14.00-17.00 Aula UPT Perpustakaan UNJ di Lantai I  dipenuhi oleh para tamu, rombongan dari Prodi Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah (PBSID), Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Universitas Bale Bandung (Unibba). Sebanyak 100 mahasiswa Unibba didampingi oleh Dekan dan Wadek I FKIP Unibba, Ketua Prodi beserta enam dosen PBSID FKIP Unibba (salah seorang dosennya menjabat sebagai Wakil Rektor II Unibba) berkunjung ke Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI) FBS UNJ di Kampus A Jalan Rawamangun Muka Jakarta Timur.

 

Kunjungan tamu dari Unibba ke UNJ ini merupakan program kegiatan rutin kunjungan Unibba ke pelbagai perguruan tinggi negeri di Indonesia sebagai bagian dari program rujuk mutu (bench marking) Kampus Unibba. Rombongan Unibba diterima oleh Wakil Dekan III FBS UNJ (mewakili Dekan FBS UNJ yang berhalangan hadir) dan Koorprodi PBSI FBS UNJ beserta perwakilan para dosennya (Bapak Sam Mukhtar Chaniago, Ibu Suhertuti, Ibu Sintowati Rini Utami, Ibu Sri Suhita, dan Ibu Rahmah Purwahida). 

 

Pada kesempatan tersebut, Prodi PBSI FBS UNJ bersama BEMP PBSI FBS UNJ mempersiapkan persembahan pertunjukan para mahasiswa yang tergabung dalam Teater Zat dan Bengkel Sastra. Selain terdapat pula dialog kemahasiswaan antardua prodi di Aula UPT Perpustakaan UNJ, para pimpinan dan para dosen dua prodi pun mengadakan dialog akademik dan kerja sama di Ruang Sidang Prodi PBSI FBS UNJ. Sebelum ke Prodi, terlebih dulu dilakukan pemberian cendera mata oleh kedua pihak. 

 

Sebagai prodi yang telah berprestasi meraih nilai akreditasi A tiga kali berturut-turut, Prodi PBSI menjadi tujuan bagi Prodi PBSID FKIP Unibba sebagai rujuk mutu kurikulum dan akademik. Dialog di antara kedua prodi ini membahas tentang pengelolaan prodi di bidang kemahasiswaan, akademik, kerja sama, dan sumber daya manusia. Sebelum sesi dialog, para tamu diajak dahulu mengunjungi Prodi PBSI FBS UNJ dan melihat-lihat fasilitas sarana dan prasarana  pendukung pembelajaran, seperti Laboratorium Microteaching, Laboratorium Bahasa, dan Perpustakaan Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia yang di dalamnya memuat pula buku-buku Prodi PBSI hasil berbagai hibah, seperti Hibah PPG, Hibah Semi-Q, dan Hibah IMHere. 

 

Sesi dialog ini kemudian diakhiri dengan berfoto bersama di area tangga Prodi PBSI. Setelah itu para tamu pun kembali bergabung dengan para mahasiswa di Aula UPT Perpustakaan untuk menikmati hiburan dari para mahasiswa Prodi PBSI FBS UNJ. (nlm)