Dalam Kurikulum Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (Prodi PBSI), Fakultas Bahasa dan Seni (FBS), Universitas Negeri Jakarta (UNJ) terdapat mata kuliah Seminar Persiapan Skripsi senilai 4 SKS. Mata kuliah Sepersi ini diampu oleh Ibu Prof. Dr. Endry Boeriswati, M.Pd., Ibu Dr. Fathiaty Murtadho, M.Pd., dan Bapak Drs. Sam Mukhtar Chaniago, M.Si. yang pada tahun 2017 ini mengampu kelas 3 PB 1, 3 PB 2, dan 3 PB 3 sebanyak 87 mahasiswa.

Mata kuliah ini merupakan jembatan persiapan menuju penulisan skripsi. Mahasiswa dibekali dengan tata cara dan metodologi penulisan proposal skripsi dari Bab I hingga Bab III. Pada mata kuliah ini juga, sampai pertengahan semester, para mahasiswa sudah selesai mengajukan judul skripsi dan dipresentasikan di hadapan dosen pengampu skripsi. Untuk selanjutnya judul yang telah disetujui kemudian akan ditentukan siapa dua dosen pembimbingnya, baik diajukan oleh mahasiswa maupun ditentukan oleh dosen pengampu. Koordinator Prodi PBSI dan Koordinator Skripsi Prodi PBSI akan memverifikasi judul dan dua dosen pembimbing tersebut, lalu akan disahkan dalam SK Sepersi.

Dari pertengahan semester, para mahasiswa Prodi PBSI yang sudah mendapat SK Sepersi akan mulai melakukan pembimbingan dan konsultasi kepada dua dosen pembimbingnya, yaitu dosen pembimbing (dospem) ahli materi dan dosen pembimbing ahli metodologi dengan tetap dimonitor oleh dosen pengampu dan Koorprodi PBSI. Hingga sampai masa akhir semester, mereka akan Sidang Sepersi dengan diuji oleh dua dosen, selain dinilai pula oleh dosen pengampunya; dengan syarat telah melakukan pembimbingan minimal empat kali dengan kedua dospemnya. Para dosen di Prodi PBSI seluruhnya dilibatkan menjadi penguji mahasiswa dalam Sidang Sepersi. Selain itu, Prodi PBSI juga melibatkan Bapak Dr. Saifur Rahman (Prodi Sastra Indonesia) untuk membantu menguji sastra bersama Ibu Rahmah Purwahida, M.Hum.

Prodi PBSI FBS UNJ menjadwalkan Sidang Sepersi pada 17-18 Juli 2017 pukul 08.00-16.00 di Ruang Kelas Gedung Q lantai I UNJ. Para mahasiswa yang telah Sidang Sepersi harus merevisi dan menyerahkan kembali kepada dosen pengampu. Demikian mekanisme mata kuliah Sepersi di Prodi PBSI FBS UNJ. (nlm)