Ratusan instruktur PLPG dari UNJ memenuhi aula di Wisma Kinasih, Jalan Raya Tapos, Jawa Barat pada Rabu, 12 Juli 2017 pukul 13.00-17.00 untuk menghadiri kegiatan Penyegaran dan Rekrutmen Calon Instruktur PLPG Tahun 2017 Rayon 109 UNJ. Pada kesempatan ini, para dosen Prodi Pendidikan Bahasa dan

Sastra Indonesia (PBSI) FBS UNJ yang menjadi instruktur PLPG pun turut diundang. Semua dosen Prodi PBSI hadir sebagai instruktur yang telah lulus tes instruktur setahun lalu dan memiliki NRI.

 

Terdapat 14 instruktur di bawah koordinasi Prodi PBSI yang telah memiliki Nomor Registrasi Instruktur (NRI), yaitu Dra. Sri Suhita, M.Pd., Dra. Suhertuti, M.Pd., Drs. Sam Mukhtar Chaniago, M.Si., Dr. Fathiaty Murtadho, M.Pd., Dra. Sintowati Rini Utami, M.Pd., Prof. Dr. Endry Boeriswati, M.Pd., Dr. Liliana Muliastuti, M.Pd., Drs. Krisanjaya, M.Hum., Dr. Siti Gomo Attas, M.Hum., N. Lia Marliana, S.Pd., M.Phil., Erfi Firmansyah, S.Pd., M.A., Dr. Siti Ansoriyah, M.Pd., Dr. Miftahul Khairah Anwar, M.Hum., dan Edi Puryanto, M.Pd. Namun yang dapat hadir pada kegiatan Penyegaran ini hanya Koorprodi PBSI (N. Lia Marliana), Suhertuti, Sri Suhita, Liliana Muliastuti, Siti Ansoriyah, Sam Mukhtar Chaniago, Sintowati Rini Utami, Siti Gomo Attas, Erfi Firmansyah, dan Edi Puryanto.

 

Kegiatan Penyegaran dan Rekrutmen Calon Instruktur PLPG Tahun 2017 ini dibuka secara resmi oleh Rektor UNJ.

Ketua LP3M UNJ sebelumnya menyampaikan sambutannya terlebih dahulu kepada seluruh instruktur yang hadir. Dalam paparannya, beliau menjelaskan mengenai pola On dan In dalam PLPG 2017 ini. Terdapat PLPG On (online/daring) selama dua bulan yang disebut kegiatan pembekalan materi pedagogi dan materi bidang studi oleh mentor (dosen UNJ ber-NRI). Selain itu PLPG In (tatap muka) tetap sama dilakukan seperti tahun sebelumnya. PLPG  In dilakukan setelah kegiatan PLPG On. Kemudian, narasumber yang diundang LP3M menyampaikan materi tentang Sosialisasi Teknis Pelaksanaan PLPG Tahun 2017.

 

Dalam hal ini, Prodi PBSI FBS UNJ mendapat kuota sebanyak 66 guru dan tersebar dalam enam kelompok mentoring. 

Masing-masing mentor Prodi PBSI akan mendampingi 11 peserta PLPG Daring. Keenam mentor tersebut ialah Krisanjaya, Fathiaty Murtadho, Siti Gomo Attas, Siti Ansoriyah, Miftahul Khairah Anwar, dan Edi Puryanto. Keenam mentor ini kemudian diberikan kode akses oleh LP3M untuk mengaktifkan akun masing-masing dan mulai berinteraksi secara daring dengan semua peserta pada minggu ini juga. Seminggu ke depan, akan dilaporkan ke pusat apabila terdapat peserta atau mentor yang belum mengaktifkan akun. Semua ini terus dimonitor oleh Koorprodi dan LP3M. (nlm)