Pembekalan dan Pelepasan Peserta PPL PPG SM3T dan PPGT UNJ

 

Pada Jumat, 14 Juli 2017, pukul 13.00-15.00 di Aula Bung Hatta Lantai II UNJ, dilaksanakan kegiatan Pembekalan dan Pelepasan Peserta PPL SM3T dan PPGT UNJ. Ratusan peserta hadir bersama-sama dengan para undangan dari sekolah mitra tempat PPL. Para kepala sekolah mitra tampak berada di tengah-tengah peserta PPG UNJ. Hadir pula para Koordinator Prodi pengelola PPG dan para Koordinator PPG Prodi di UNJ.

Tidak ketinggalan Koordinator Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI) (Ibu N. Lia Marliana) bersama Koordinator PPG Prodi PBSI (Ibu Suhertuti) hadir pula memenuhi undangan LP3M UNJ. Pada kesempatan ini pula, sekuruh dosen pembimbing yang terlibat mendampingi peserta PPL PPG UNJ turut diundang. Bapak Sam Mukhtar Chaniago, Ibu N. Lia Marliana, dan Ibu Suhertuti hadir sebagai dosen pembimbing peserta PPL PPG Bahasa Indonesia.

Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Sekretaris LP3M mewakili Ketua LP3M yang berhalangan hadir. Kemudian, berturut-turut Koordinator Pusat Sertifikasi Guru dan Dosen UNJ (Bapak Khaerudin) dan mantan Koordinator Pusat PPL UNJ (Bapak Agus Dudung) dan Koordinator Pusat PPL UNJ yang baru saja dilantik (Ibu Gusti Yarmi) memaparkan penjelasan tentang PPL dan mekanisme serta penilaiannya kepada segenap hadirin dan para undangan.

Acara dilanjutkan dengan sesi tanya jawab. Banyak kepala sekolah dan guru pamong (yang mewakili kepala sekolah yang berhalangan hadir) menanyakan tentang segala permasalahan terkait pelaksanaan PPL di sekolah. Para peserta PPG pun turut pula bertanya kepada narasumber di depan. Bapak Agus Dudung menjawab semua pertanyaan dengan jelas. Kegiatan pembekalan dan pelepasan peserta PPL PPG ini pun kemudian diakhiri dengan pembagian berkas kepada para peserta untuk dibawa ke sekolah dan diberikan kepada kepala sekolah tempat PPL.

Pada tahun ini Prodi PBSI mengirimkan empat kelompok peserta PPL PPG ke empat sekolah mitra, yaitu SMP Labschool Rawamangun Jakarta Timur, SMPN 99 Jakarta Timur, SMPN 255 Jakarta Timur, dan SMAN 31 Jakarta Timur. Ibu Sintowati Rini Utami membimbing di SMP Labschool, Ibu Suhertuti di SMPN 99, Bapak Sam Mukhtar Chaniago di SMPN 255, serta Ibu N. Lia Marliana di SMAN 31. Total peserta PPL PPG Bahasa Indonesia tahun ini sebanyak 18 guru. Kesemuanya mulai melaksanakan PPL sejak 17 Juli 2017 hingga 17 November 2017. (nlm)