Meskipun dalam nomenklatur sudah tidak ada lagi jurusan, kecuali program studi; namun Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia (JBSI), Fakultas Bahasa dan Seni (FBS), Universitas Negeri Jakarta (UNJ) tetap hidup dan ada. Hal ini dibuktikan dengan tetap dilaksanakan kegiatan rutin JBSI setiap tahunnya, tradisi melaksanakan halalbihalal. Pada Kamis, 13 Juli 2017, pukul 10.00-13.30 dilaksanakan acara Halalbihalal Keluarga Besar JBSI FBS UNJ. Acara ini dihadiri oleh para dosen Purnabakti JBSI, para dosen aktif di Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI), para dosen aktif di Prodi Sastra Indonesia (Sasindo), para undangan (Ketua Ikatan Alumni Bahasa Indonesia, Dekanat, dan Kasubag Perlengkapan FBS).

Tampak hadir para dosen Purnabakti JBSI, yaitu Bapak Mukti U.S., Bapak Bustamam, Ibu Sakura Ridwan, Ibu Sabarti Akhadiah, Ibu Zulfahnur Z.F., Ibu Rosmid Rosa, dan Ibu Yuniar Z. Aji. Meskipun dalam kondisi sakit dan berkursi roda, Ibu Yuniar tetap hadir bersilaturahmi dalam acara halalbihalal tersebut. Beliau-beliau tampak terharu dan gembira karena masih dapat bertemu, berkumpul, bersilaturahmi, serta melepas kerinduan dalam suasana Idul Fitri 1438 H.

Acara Halalbihalal Keluarga Besar JBSI ini dipewarai oleh Ibu Siti Gomo Attas. Acara diawali dengan tausiyah Ustadz Romdhoni yang penuh makna diselingi humor segar. Setelah kedua Koordinator Prodi di JBSI (Ibu N. Lia Marliana dan Ibu Miftahul Khairah Anwar) sebagai tuan rumah menyampaikan ucapan terima kasih kepada hadirin dan para undangan, selanjutnya Dekan FBS menyampaikan sambutannya.

Pada kesempatan ini, kedua prodi pun sekaligus memberikan bunga tanda kasih kepada Ibu Liliana Muliastuti, dosen Prodi PBSI FBS UNJ yang baru 4 hari dilantik sebagai Dekan FBS periode 2017-2021. Doa tulus mengiringi Ibu Liliana agar beliau dimudahkan dan sukses mengemban amanah sebagai Dekan FBS.

Setelah acara ini, dilakukan pemberian penghargaan kepada salah seorang dosen Purnabakti JBSI, Ibu Prof. Dr. Sakura Ridwan, M.Pd. yang selama ini telah mengabdikan diri memajukan JBSI. Bahkan, sampai masa pensiunnya pun beliau masih mendedikasikan diri mengampu mata kuliah Sintaksis dan Semantik di Prodi PBSI FBS UNJ hingga tahun 2016.  Pemberian penghargaan diberikan oleh Koorprodi PBSI dan Koorprodi Sasindo.

Pada acara ini pun, Bapak Sam Mukhtar Chaniago dan Bapak Saifur Rahman maju membacakan puisi karya Bapak Sam. Suatu kejutan tak terduga, kedua dosen ini sangat bagus dan penuh penghayatan membaca puisi.

Selanjutnya, Ustadz Ramdhoni memandu segenap yang hadir untuk berdoa bersama mendoakan keluarga besar JBSI yang tengah berbahagia karena merayakan hari kelahiran Bapak Krisanjaya, Ibu Gres Grasia Azmin yang baru saja meraih gelar Doktor Sastra Lisan di Universitas Indonesia, serta doa demi kemajuan dan kesuksesan para dosen di kedua prodi. Kemudian, acara Halalbihalal Keluarga Besar JBSI ini pun diakhiri dengan bersalaman saling memaafkan, berfoto bersama, lalu menyantap hidangan sumbangan keluarga besar JBSI. (nlm)