JAKARTA – Pada Rabu, 14 Juni 2017 bertempat di Aula Maftuchah Yusuf, Lantai II Gedung Dewi Sartika, Kampus A Universitas Negeri Jakarta, Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI), Fakultas Bahasa dan Seni (FBS), Universitas Negeri Jakarta (UNJ) mengadakan kegiatan Seminar Perfilman Pendidikan atau yang disingkat menjadi SENIMAN.

 

SENIMAN mengusung tema “Peran Perfilman Indonesia dan Pengaruhnya terhadap Dunia Pendidikan”. Seminar ini menghadirkan seorang aktor yang dikenal sebagai pemeran Alm. Ustadz Jefri Al Buchori dalam film Hijrah Cinta, yaitu Alfie Alfandy. Beliau dihadirkan untuk berbagi kisah dan pengalamannya di dunia perfilman.

 

Acara SENIMAN dilaksanakan sebagai Ujian Akhir Semester (UAS) mata kuliah Keterampilan Berbicara Interaktif mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FBS UNJ angkatan 2015 kelas 2PB1. Tak hanya itu, kegiatan ini pun sebagai bagian dari peningkatan mutu perkuliahan yang menjadi program rutin Prodi PBSI, yaitu melalui mendatangkan narasumber/praktisi. Acara seminar ini dihadiri oleh Ibu N. Lia Marliana, S.Pd., M.Phil.(Ling.) sebagai Koorprodi PBSI FBS UNJ yang sekaligus membuka acara secara resmi, serta Ibu Dr. Fathiaty Murtadho, M.Pd. sebagai dosen pengampu mata kuliah Keterampilan Berbicara Interaktif. Tak lupa ratusan penonton dari berbagai kalangan, mulai dari siswa, mahasiswa UNJ, mahasiswa dari berbagai kampus, hingga guru dan dosen ikut berpartisipasi dalam seminar ini.

 

SENIMAN dipandu oleh Rizka dan Wisnu sebagai pembawa acara. Setelah acara dibuka secara resmi, 25 pemakalah mahasiswa Prodi PBSI memaparkan materi tentang Perfilman dan Pendidikan. Kemudian acara dilanjutkan dengan hiburan, yaitu penampilan Teater Zat. Hingga tepatnya pada pukul 14.00, dimulailah bincang-bincang mengenai perfilman dan pendidikan bersama Alfie Alfandy yang dimoderatori oleh Humaedi. Suasana seminar semakin seru dengan dibukanya sesi tanya jawab bersama narasumber.

 

Acara dilanjutkan dengan sesi foto bersama dan pemberian cendera mata kepada Alfie Alfandy oleh Koorprodi dan Dosen Pengampu. Kemudian, acara diisi kembali dengan hiburan, yaitu penampilan Band Zathera. Acara SENIMAN pun ditutup dengan pembagian doorprize untuk para penonton yang beruntung. Hadiah gamis dan kerudung diberikan kepada dua mahasiswa PBSI, hadiah sarung diberikan kepada seorang guru dari SMPN 82 Jakarta, lalu hadiah mukena diberikan kepada seorang dosen PGRI. Hadiah utama berupa ponsel, flashdisk, dan powerbank berhasil dibawa pulang oleh mahasiswa dari Karawang. (Sagita)