Visitasi Tim Monev PPG ke Kelas PPG Prodi PBSI FBS UNJ

Pada 5-7 Juni 2017, PPG SM3T dan PPGT UNJ divisitasi oleh Tim Monev PPG. Dua asesor yang datang yaitu Bapak Heru Pratama dan Bapak Suhartono. Pada hari pertama, para Koordinator PPG Prodi berkumpul di Gedung Ki Hajar Dewantara Lantai IV UNJ untuk berbincang-bincang dengan Tim Monev PPG dan jajaran pimpinan di LP3M UNJ. Termasuk Koordinator PPG Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI) FBS UNJ, Ibu Suhertuti. Kegiatan ini dilaksanakan siang hingga petang hari.

Pada hari kedua kehadiran Tim Monev PPG di UNJ, semua Koordinaror PPG Prodi kembali diminta hadir dalam wawancara berikutnya, pada pukul 08.00-10.00 di Ruang Rapat Gedung Ki Hajar Dewantara Lantai IV UNJ. Koordinator PPG Prodi PBSI yang pada hari itu sedang kurang sehat, kemudian digantikan kehadirannya oleh Koordinator Prodi (Koorprodi) PBSI Ibu N. Lia Marliana. Sesi tanya jawab antara para asesor dan para Koordinator PPG Prodi berlangsung dengan lancar. Kemudian pada pukul 10.00, Tim Monev mengunjungi kelas PPG Sendratasik dan Bahasa Inggris di gedung yang sama.

Pukul 11.00, Tim Monev PPG mengunjungi Gedung Adm. UNJ lokasi kelas-kelas PPG dari beberapa prodi di UNJ. Salah satu kelas PPG yang dikunjungi yaitu kelas PPG Prodi PBSI FBS UNJ. Sebanyak 18 peserta PPG SM3T Bahasa Indonesia (yang akrab disapa Laskar Bahasa Lima) bersama Koorprodi PBSI dan Koordinator PPG Prodi PBSI telah menunggu kehadiran Tim Monev PPG. Tampak Bapak Prof. Heru memasuki ruang kelas Bahasa Indonesia dan langsung meminta salah satu peserta untuk mendemonstrasikan kegiatan berpidato. Imam Arifudin, Ketua Kelas Laskar Bahasa Lima maju dan berpidato sejenak. Setelah itu, terjadi tanya jawab antara asesor dan para peserta. Beliau juga melihat-lihat media pembelajaran yang dipamerkan di meja-meja di dalam kelas. Setelah selesai bertanya jawab, Laskar Bahasa Lima beserta Koorprodi PBSI dan Koordinator PPG Prodi PBSI FBS UNJ berfoto bersama Tim Monev PPG dan Sekretaris LP3M, Ibu Endang.

Tim Monev PPG masih melanjutkan kunjungan ke kelas lain dan sore harinya mengunjungi Asrama PPG Rusunawa UNJ. Pada hari ketiga, semua Koordinator PPG Prodi kembali hadir memenuhi undangan LP3M untuk mendengarkan hasil monitoring dan evaluasi PPG yang disampaikan para asesor. Hasilnya, monev PPG tahun ini memperoleh penilaian yang sangat baik dari Tim Monev PPG. (nlm)