Ramadan di Asrama PPG UNJ merupakan acara di bawah bidang keagamaan kepengurusan PPG-SM3T angkatan V dan PPGT angkatan III. Acara Ramadan ini dipimpin oleh duet pelaksana asal Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FBS UNJ, Ahmad Rizwan, S.Pd dan Ali, S.Pd. Acara ini dimulai dari satu Ramadan sampai dua puluh dua Ramadan. Acara Asrama Ramadan bertemakan, “Membangun Insan yang Beristikamah untuk Meraih Takwa” yang dimaksudkan untuk memupuk ketakwaan beribadah di bulan suci Ramadan dengan istikamah dalam beribadah keseharian. Kegiatan Ramadan sendiri dibagi menjadi dua kegiatan, yaitu kegiatan rutin dan insidental. Kegiatan rutin dimulai dari waktu menjelang sahur yaitu membangunkan sahur kawan-kawan asrama sekitar pukul 03.00 pagi.

Kegiatan kedua, yaitu kultum bagi yang laki-laki setelah subuh di Masjid Ulul Albab. Kegiatan rutin ini dilanjut di kelas berupa penanaman nilai memberi melalui infak rutin, salat duha, tadarus di dalam kelas dan disambung dengan kegiatan tadarus bersama sebelum berbuka puasa di Aula Asrama PPG UNJ.

Kegiatan insidental yaitu kegiatan yang didasari oleh adanya momentum tertentu, yang berkaitan dengan Asrama Ramadan PPG UNJ. Panitia kegiatan Asrama Ramadan juga mengadakan kegiatan pesantren kilat dan santunan anak yatim. Kegiatan pesantren kilat dilaksanakan pada 10-11 Juni 2017 di Aula Rusunawa UNJ. Kegiatan tersebut terbagi atas dua sesi, yaitu hari pertama diisi dengan seminar pranikah yang dimaksudkan untuk mewadahi aspirasi kawan-kawan yang sedang mempersiapkan pernikahan. Seminar ini menghadirkan pemateri  Ustadz Sugeng.

Selain itu, di sore harinya menjelang berbuka puasa seluruh peserta PPG UNJ membagikan takjil di sepanjang Jalan Pemuda Rawamangun. Pembagian takjil dibagi menjadi beberapa kelompok di antaranya grup sepeda 7.15 yang membagikan takjil menggunakan sepeda di luar Jalan Pemuda Rawamangun.

Hari kedua dilanjutkan dengan dua materi, yaitu materi mengenai tata cara berwudu dan salat yang dicontohkan Rasulullah saw dan materi fikih jenazah yang dimulai dari tata cara memandikan jenazah, mengafani, menyalatkan, hingga tata cara menguburkan jenazah. Kegiatan insidental yang kedua, yaitu santunan kepada anak yatim dan anak-anak yang berkebutuhan khusus, serta buka bersama di Aula Rusunawa. Kegiatan ini merupakan kegiatan puncak pada kegiatan Asrama Ramadan yang diselenggarakan 17 Juni 2017. Kegiatan ini juga mengundang anak-anak yang berkebutuhan khusus (tunanetra) yang memiliki hafalan Alquran lebih dari satu juz. Kegiatan ini juga semata-mata untuk mengingatkan kita agar senantiasa banyak berbagi dan bersyukur atas segala karunia dan nikmat yang telah Allah berikan. (Aris, Ovet, Iqbal)