AKSARA Seminar Public Speaking Prodi PBSI FBS UNJ Bersama Jeremy Teti

JAKARTA- Pada 12 Juni 2017 Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia menyelenggarakan kegiatan Seminar AKSARA (Seminar Public Speaking) yang dilaksanakan di Aula Maftuchah, Lantai II Gedung Dewi Sartika, Kampus A Universitas Negeri Jakarta.

AKSARA merupakan akronim dari Ajang Kreativitas Seni Berbicara yang mengusung tema Public Speaking untuk mengembangkan potensi, kepercayaan diri, dan kesuksesan. Dalam acara seminar Aksara, prodi mengundang narasumber yaitu Jeremy Teti sebagai seorang public speaker yang profesional dan andal dalam bidangnya.

Seminar Aksara dilaksanakan dalam rangka memenuhi Ujian Akhir Semester (UAS) mata kuliah Keterampilan Berbicara Interaktif (KBI) mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia angkatan 2015 kelas 2PB2. Acara tersebut dihadiri oleh Prof. Dr. Aceng Rahmat, M.Pd. selaku Dekan Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Jakarta yang juga memberikan sambutan sekaligus membuka acara seminar secara resmi, N. Lia Marliana, S.Pd., M.Phil.(Ling.) selaku Koorprodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI), Fakultas Bahasa dan Seni (FBS) Universitas Negeri Jakarta (UNJ), Dr. Fathiaty Murtadho, M.Pd. sebagai dosen pengampu mk KBI, dan Reni Nur Eriyani, M.Pd. dosen Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, serta ratusan penonton yang hadir dari mahasiswa baik yang berasal dari UNJ maupun dari berbagai kampus di Jakarta, dan para guru PPG SM3T Bahasa Indonesia dari Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FBS UNJ.

Acara ini dipandu oleh Desi dan Fadil sebagai pewara. Kemudian acara diawali dengan pemaparan makalah mengenai materi Public Speaking yang dibawakan oleh 26 pemakalah mahasiswa prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Setelah itu diisi dengan hiburan dari penampilan Bengkel Sastra UNJ dan komedi tunggal yang dibawakan oleh Falah dan Imon. Hingga pada pukul 13.00 WIB. Tibalah Jeremy Teti sebagai narasumber yang memaparkan materi Public Speaking dan menceritakan pengalamannya kepada penonton yang hadir hingga suasana acara seminar menjadi aktif dengan adanya dialog antara penonton dan Jeremy Teti.

Pada akhir acara, disampaikan cemderamata dan plakat prodi oleh Koorprodi PBSI dan dosen pengampu Dr. Fathiaty Murtadho, M.Pd. kepada narasumber tamu ini. Setelah itu, ada sesi pemberian doorprize. Beberapa peserta yang beruntung mendapatkan doorprize sebagai apresiasi panitia kepada para peserta yang telah hadir. Hadiah ponsel dimenangkan seorang guru PPG SM3T dan cenderamata bagi pemenang simulasi public speaking pun diraih guru PPG SM3T. Acara ini berakhir pada pukul 15.00 WIB yang ditandai dengan foto bersama antara Jeremy Teti dan seluruh panitia seminar AKSARA 2017. (Ricky)