Aula Latif Gedung Dewi Sartika Lantai II UNJ pada Kamis, 8 Juni 2017 dipenuhi oleh para peserta Seminar Nasional dan Pameran Foto Pengabdian SM3T. Hal ini karena para peserta ingin mendengarkan paparan dari Ibu Dr. Ir. Paristiyanti Nurwadani, M.P. Direktur Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kemenristekdikti tentang Kebijakan Penyiapan Guru Profesional Masa Depan. Namun sayangnya beliau berhalangan hadir sehingga diwakilkan oleh Ibu Eni Susanti dengan topik yang sama. Selain beliau, Bapak Dr. Totok Bintoro, M.Pd. turut menguatkan tentang guru profesional masa depan, dengan menyajikan paparannya berjudul Selayang Pandang Pola Pendidikan Guru di Masa Depan. Bapak Totok merupakan Ketua Lembaga Pengembangan Pendidikan dan Penjaminan Mutu (LP3M) UNJ.

Bu Eni Susanti menjelaskan bahwa PPG terdiri atas PPG Dalam Jabatan dan PPG Prajabatan. PPG Prajabatan Reguler terbagi 2, yaitu: PPG Bersubsidi (gelombang 1 sudah ditutup. Saat ini dibuka gelombang 2) dan PPG Mandiri/Swadana. Informasi selengkapnya dapat layari laman resmi: ppg.ristekdikti.go.id.
Untuk ppg bersubsidi dibuka 16 prodi (10 prodi SMK, 6 prodi umum) termasuk Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia.
Sementara itu, Bapak Totok menambahkan bahwa terdapat permasalahan yang dihadapi 421 LPTK di Indonesia, antara lain belum menenuhi kebutuhan guru SMK, over supply lulusan pendidikan akademik S1, disparitas kualitas, blm semua LPTK terstandar SN Dikti dan Standar Pendidikan Guru.

Pada hari tersebut, seluruh peserta PPG SM3T dan PPGT terlibat sebagai panitia dan pengisi acara. Pada siang hingga sore hari, mereka akan menyuguhkan pentas seni berdasarkan prodi masing-masing. Pagi hingga siang harinya diawali dahulu dengan seminar nasional dan talkshow cerita guru PPG dari Prodi Pendidikan Bahasa Inggris dan Prodi PGSD tentang suka duka pengalaman mereka selama di daerah 3T, yaitu di Kupang dan Papua.  Sementara itu, pameran foto selama pengabdian para peserta PPG di daerah terdalam, terluar, tertinggal (3T) dipamerkan di Galeri Gedung Dewi Sartika Lantai II, di luar Aula Latif. Ketua Panitia (Anjar) dan pembawa acara kegiatan tersebut (Yazid) merupakan peserta PPG SM3T dari Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FBS UNJ, yang akrab disapa Laskar Bahasa 5 (Angkatan Kelima).

Kegiatan Seminar Nasional dan Pameran Foto ini dibuka secara resmi oleh Rektor UNJ. Tampak hadir jajaran pimpinan LP3M UNJ, para dekan, para Koordinator Prodi (termasuk Koorprodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Ibu N. Lia Marliana, S.Pd., M.Phil.(Ling.)), serta para Koordinator PPG Prodi di UNJ. Tampak pula sebagian besar peserta yang hadir merupakan guru berbagai sekolah dan mahasiswa berbagai universitas di Karawang dan Jabodetabek. Kegiatan seminar yang diselenggarakan LP3M UNJ ini merupakan kegiatan rutin setiap tahun dan pada tahun ini sekaligus dalam rangka Dies Natalis ke-53 UNJ. (nlm)