Setiap lima tahun, Ikatan Alumni Bahasa dan Sastra Indonesia (Ika Bindo) FBS UNJ melaksanakan kegiatan Reuni Akbar di UNJ. Reuni akbar tahun ini disebut sebagai Reuni Antarangkatan Ika Bindo FBS UNJ yang jatuh pada Sabtu, 20 Mei 2017, pukul 13.00-17.00 di Aula Maftuchah Yusuf, Gedung Dewi Sartika Lantai 2 UNJ.

Hadir mewakili para purnabakti Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia, yaitu Bapak Mukti U.S. dan Ibu Zulfahnur Z.F, sekaligus mewakili alumni IKIP Jakarta angkatan lawas. Sekurangnya 50 alumni datang menyempatkan diri bertemu rindu dan kembali ke kampus tercinta, sesuai dengan tema reuni ini: “Poelanglah Aloemnikoe.”

Acara dibuka pewara, Iqbal dan Sinta, mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dengan mengundang Maya Safira, alumni angkatan 2012 yang memandu hadirin menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya. Selanjutnya laporan ketua panitia yang juga merupakan Ketua Ika Bindo FBS UNJ, Bapak Syarifudin Yunus (alumni angkatan’89). Diteruskan sambutan Wakil Dekan III Ibu Sri Suhita (alumni angkatan’76) mewakili tuan rumah Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia yang kini menjadi Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI) yang diketuai Ibu N. Lia Marliana (alumni angkatan’93) dan Program Studi Sastra Indonesia (SI) yang diketuai Ibu Miftahul Khairah Anwar.

Parade puisi dosen dan alumni makin membuat semarak acara ini. Ibu Sri Suhita, alumni angkatan’76, Bapak Sam Mukhtar Chaniago, alumni angkatan ’81, dan Wakil Purnabakti, Ibu Zulfahnur membacakan puisi karya Helvy Tiana Rosa, dosen Prodi Sastra Indonesia. Persembahan lagu dan stand up comedy dari Bapak Gunawan, alumni angkatan’83, penampilan stand up comedy Mudy Taylor (alumni Jurusan Seni Musik) pun makin menghangatkan Aula Maftuchah itu. Pembacaan puisi oleh juara baca puisi putri tingkat nasional dalam ajang Peksiminas, Maya Safira dan Rahmi, serta penampilan musikalisasi puisi Bengkel Sastra UNJ pun makin melengkapi semaraknya acara Reuni Antarangkatan Ika Bindo ini.

Dua dosen purnabakti, Ibu Zulfahnur dan Bapak Mukti mewakili segenap dosen purnabakti menerima cenderahati dan bingkisan dari Ika Bindo dan alumni angkatan’81. Pemberian cenderahati dan bingkisan diserahkan langsung oleh Ketua Ika Bindo, Wakil Dekan III FBS, Koorprodi PBSI, Koorprodi SI, dan wakil angkatan’81 Bapak Sam.

 Tampak panitia menyediakan arena untuk berfoto di luar aula sebagai Photo Booth dengan foto Chairil Anwar. Terlihat pula para alumni dari berbagai angkatan berbaur berfoto bersama. Dari awal hingga akhir acara, Photo Booth tersebut ramai diisi sesi berfoto para alumni. Sesi berfoto di dalam aula pun dilakukan setelah semua yang hadir menyanyikan lagu Kemesraan dan dua puluh alumni yang beruntung memperoleh doorprize dari panitia. Dalam momen ini pula, terpilih kembali Bapak Syarifudin Yunus sebagai ketua Ika Bindo periode 2017-2021. (nlm)