Pada Kamis, 18 Mei 2017, pukul 10.00-12.00, di Gedung Kihajar Dewantara Lantai 9 UNJ hampir semua pimpinan di UNJ dan pengelola jurnal se-UNJ menghadiri acara Peluncuran Open Journal System (OJS) UNJ. Tampak hadir Koordinator Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI) Fakultas Bahasa dan Seni (FBS) UNJ, Ibu N. Lia Marliana dan pengelola jurnal Prodi PBSI yaitu Ibu Siti Ansoriyah.

Acara dimulakan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya. Berlanjut dengan laporan Ketua Lemlit dan P2M, Bapak Ucu Cahyana. Dalam laporannya, disampaikan bahwa sebanyak 67 jurnal se-UNJ sampai hari ini Kemungkinan akan bertambah shg menjadi 70 jurnal di tahun ini. Ditambahkan oleh Pak Ucu bahwa akan ada akreditasi jurnal yg baru. Selain itu, dalam satu jurnal akan ada 4-5 artikel yg terbit setahun dua kali. Ini berarti sekitar 500 lebih tempat yang diberikan bagi dosen UNJ. Hal ini akan menaikkan peringkat webometrik UNJ, peringkat akreditasi UNJ sehingga dapat mempertahankan tetap A. Yang terpenting adalah keberlanjutan artikel yang ada di dalam jurnal tersebut. Berdasarkan penjelasan Pak Ucu, FBS memiliki 4 jurnal OJS. Salah satunya, yaitu Jurnal Aksis dari Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Jurnal ini dapat diakses di http://journal.unj.ac.id.

Setelah pemaparan Ketua Lemlit dan P2M UNJ, Rektor UNJ, Bapak Jaali menyampaikan sambutannya sekaligus membuka secara resmi acara peluncuran OJS UNJ. Dalam sambutannya, Rektor menyatakan bahwa capaian UNJ dalam publikasi ilmiah sangat menggembirakan. Padahal sebelumnya pada tahun 2013 tidak ada jurnal terakreditasi di UNJ. Launching OJS hari ini merupakan upaya untuk memberikan ruang kerja di kampus. Para pengelola jurnal akan berhenti di sini apabila tidak ada kontribusi artikel dari para dosen.  Sambutan Rektor kemudian diakhiri oleh pemukulan gong sebagai tanda dibukanya kegiatan Peluncuran OJS UNJ ini.

Sebelum ditutup, acara ini menghadirkan semua dekan di UNJ untuk menerima secara simbolik bingkai gambar halaman sampul salah satu jurnal OJS yang dikelola di fakultas masing-masing. Mereka kemudian berfoto bersama Rektor UNJ. (nlm)