Jakarta Timur – Sabtu, 6 Mei 2017. Universitas Negeri Jakarta adakan Kursus Mahir Dasar (KMD) untuk para calon guru profesional yang sedang mengambil Program Pendidikan Profesi Guru (PPG) SM3T di UNJ. Termasuk di dalamnya PPG SM3T Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI) Fakultas Bahasa dan Seni (FBS) Universitas Negeri Jakarta (UNJ), yang disapa Laskar Bahasa Lima (LB 5).

Pada kesempatan ini, momen yang tidak terduga sempat dirasakan oleh peserta pembukaan KMD. Pasalnya, pembukaan acara dibuka langsung oleh Prof. Dr. Hj  Sylviana  Murni, S.H., M.Si,. Sosok yang tidak asing sebagai calon wagub pada pilkada DKI Jakarta lalu tampil dengan seragam pramuka lengkap. Tidak banyak diketahui oleh peserta KMD bahwa Sylviana hadir sebagai Ketua Kwartir Daerah DKI Jakarta. Pasangan Agus Harimurti pada pilkada DKI Jakarta lalu hadir dengan didampingi beberapa pengurus Kwartir Daerah dan pelatih pembina pramuka lainnya. Pada acara pembukaan KMD yang dilaksanakan di Gedung Serbaguna Kampus B UNJ, turut pula hadir Wakil Rektor IV Bapak Ridwan dan Sekretaris LP3M Ibu Endang.

Pada kesempatan itu, Sylviana berpesan kepada calon guru yang akan dilatih sebagai pembina pramuka agar menerapkan nilai-nilai karakter kepramukaan yang nantinya akan diajarkan pada anak didik. “Orang pintar banyak, tapi orang yang mempunyai karakter yang mulia, jujur, ikhlas dan bisa bertutur kata yang baik sulit ditemukan. Maka diharapkan calon pembina yang akan dilatih sekarang bisa mengajarkan karakter yang baik bagi murid-muridnya kelak melalui Gerakan Pramuka  di sekolah” Tuturnya. KMD yang dilaksanakan oleh Univeritas Negeri Jakarta adalah komitmen dalam pembentukan calon pembina-pembina pramuka yang berkarakter.

Acara KMD yang diikuti peserta PPG SM3T akan terbagi dalam 2 sesi yaitu  indoor  dan outdoor.  Pelatihan  indoor dilaksanakan di aula asrama, GSG, dan FMIPA kampus B UNJ pada tanggal 6-8 Mei 2017. Acara yang diikuti oleh 236 peserta PPG SM3T yang terdiri dari 12 jurusan  akan dilanjutkan pada pelatihan outdoor tanggal 11-13 Mei di Bumi Perkemahan Cibubur. (MYR) Yazid