Sebanyak 12 mahasiswa berprestasi (mawapres) dari 12 program studi yang ada di FBS berkumpul di Aula S UNJ pada 21 Maret 2017 pukul 08.00-16.00 untuk melaksanakan kegiatan Pemilihan Mahasiswa Berprestasi Fakultas Bahasa dan Seni 2017, salah satunya adalah Rizki Putri Maisani mawapres dari Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia.

Beberapa dosen yang berasal dari tiga Prodi berbeda di lingkungan FBS menjadi juri dalam pilmapres tahun ini. Mereka adalah Ibu Rien Safrina (Prodi Sendratasik), Bapak Nuruddin (Prodi Pendidikan Bahasa Arab), dan Ibu Ati Sumiati (Prodi Sastra Inggris) yang akan memberikan penilaian kepada para peserta meliputi penilaian keterampilan public speaking, bahasa Inggris, dan Karya Tulis Ilmiah. Nampak Ibu Sri Suhita, Wakil Dekan III FBS setia mengawal dan mendampingi acara dari awal hingga akhir. Acara ini dibuka secara resmi oleh Dekan Fakultas Bahasa dan Seni, Prof. Dr. Aceng Rahmat, M.Pd. Di tengah-tengah hadirin yang menyaksikan acara ini, terlihat Koordinator Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Ibu N.Lia Marliana turut menyemangati Putri.

Satu demi satu mawapres mempresentasikan Karya Tulis Ilmiahnya di hadapan para juri dan hadirin. Tiba giliran mawapres dari Prodi PBSI, Putri, sapaan akrab Rizki Putri Maisani, menyuguhkan karya tulis ilmiahnya yang berjudul Media Permainan Edukatif Bahasa Indonesia JENAKA bagi Anak TKI SD Kelas Rendah di Miri Sarawak Malaysia. Karya ilmiah Putri ini berdasarkan pengalamannya setahun lalu menjadi relawan pendidikan di Sarawak selama tiga minggu. Putri mengajar anak-anak buruh migran Indonesia di lingkungan perkebunan kelapa sawit  di daerah perbatasan Malaysia dengan Kalimantan. Permasalahan yang dipilih Putri yang kemudian menjadi fokus lahirnya Karya Tulis Ilmiah tersebut yakni rendahnya penguasaan dan kesadaran berbahasa Indonesia anak-anak TKI sebab telah didominasi oleh bahasa Melayu Malaysia dan bahasa daerah asal. Putri mencoba menguraikan permasalahan tersebut dengan membuat media permainan edukatif bahasa Indonesia yang dikemas dalam kartu pop-up tiga dimensi yang diberi nama JENAKA, berisikan kosakata bahasa Indonesia dipadankan dengan bahasa Melayu Malaysia. Tampilan JENAKA dilengkapi dengan gambar-gambar seputar kebudayaan Indonesia seperti tokoh wayang dan rumah adat yang dimaksudkan untuk memperkenalkan budaya Indonesia serta menanamkan rasa nasionalisme pada anak-anak TKI. Presentasi Karya Tulis Ilmiah berlangsung cukup ketat, sebab seluruh peserta memiliki ide yang sangat bagus dan mayoritas ide yang dipilih relevan dengan latar belakang Program Studi masing-masing. Hal ini karena dewan juri telah menyatakan bahwa sebaiknya Karya Tulis Ilmiah dipilih sesuai dengan latar belakang keilmuan peserta. Perlu diketahui bahwa Karya Tulis memberikan poin besar dalam menentukan peringkat pemenang dalam Pilmapres, baik di tingkat Fakultas, Universitas maupun Nasional.

Setelah seluruh peserta mawapres mempresentasikan Karya Tulis Ilmiah, mereka kemudian mengikuti tahap kedua penyeleksian yakni Impromptu Speech dalam bahasa Inggris. Setiap peserta diberi waktu 2 menit untuk mengungkapkan gagasan terkait tema pernyataan atau pertanyaan yang mereka peroleh. Kemudian Ibu Ati selaku Dewan Juri akan menanggapi jawaban peserta menggunakan bahasa Inggris. Putri berkesempatan memaparkan gagasannya mengenai pernyataan bahwa internet dapat mencerdaskan anak-anak.

Impromptu Speech menutup rangkaian acara Pilmapres FBS yang kemudian dilanjutkan dengan pengumuman pemenang yang disampaikan oleh Bapak Nurrudin selaku perwakilan Dewan Juri. Sebelum mengumumkan hasil akhir Pilmapres, beliau mengatakan bahwa sempat terjadi perdebatan antar-Dewan Juri dalam menentukan para juara sebab perbedaan total nilai yang diraih para peserta sangat tipis sehingga Dewan Juri cukup kerepotan. Beliau pun memberikan apresiasi  yang luar biasa atas ide-ide Karya Tulis Ilmiah dan kemampuan berbahasa Inggris para peserta yang menurut beliau sangat luar biasa baik. Hasil akhir Pilmapres FBS 2017 memilih Juara 5 diraih oleh Jellyta dari Prodi Pendidikan Bahasa Mandarin, disusul oleh Juara 4 yang berhasil diraih oleh 2 peserta karena nilai yang sama yakni Arry (Prodi Pendidikan Bahasa Inggris) dan Yudha (Prodi Pendidikan Bahasa Arab). Selanjutnya juara 3 diraih oleh Putri (Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia), serta juara 1 dan 2 yang akan mewakili FBS di tingkat Universitas berhasil diraih oleh Riska (Prodi Sastra Indonesia) dan Andrian (Prodi Sastra Inggris). Selamat untuk semua mawapres FBS. (rpm)