Pada Kamis, 13 April 2017, pukul 12.00-15.00 di Q.102 UNJ dilaksanakan kegiatan Lokakarya Penyuntingan di Media Massa Bersama Suprianto Annaf, M.Pd., Redaktur Bahasa dari Harian Media Indonesia. Kegiatan lokakarya ini diselenggarakan sebagai bagian dari program peningkatan mutu perkuliahan di Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (Prodi PBSI), Fakultas Bahasa dan Seni (FBS), Universitas Negeri Jakarta (UNJ).

Sebanyak 28 mahasiswa Prodi PBSI FBS UNJ dengan penuh antusias dan semangat mengikuti lokakarya hingga akhir acara. Mereka mengikuti mata kuliah Penyuntingan yang diampu oleh Ibu N. Lia Marliana dan Ibu Siti Ansoriyah. Lokakarya ini merupakan prasyarat yang harus ditempuh mahasiswa sebelum mereka melaksanakan kegiatan pemagangan di perusahaan penerbitan dan di media massa sebagai editor bahasa atau penyunting.

Bapak Suprianto Annaf menyampaikan bagaimana bahasa jurnalistik, ciri-ciri bahasa jurnalistik, peran editor bahasa, syarat editor bahasa, serta praktik menyunting naskah. Mahasiswa diajak berlatih menyunting naskah mentah dari wartawan dan membahas bagaimana penulisan yang benar. Mahasiswa pun diberikan tugas untuk dikerjakan di rumah sebagai bahan ujian tengah semester mereka yang dikirim jawabannya ke email narasumber dan dosen pengampu mata kuliah Penyuntingan.

Pada kesempatan ini, Ketua Prodi PBSI yang kini disebut Koordinator Prodi PBSI memberikan sambutannya sekaligus membuka kegiatan Lokakarya Penyuntingan di Media Massa ini. Beliau juga memberikan cenderamata, sertifikat narasumber, dan plakat Prodi PBSI kepada Bapak Suprianto Annaf. Pada akhir acara, dilaksanakan foto bersama narasumber, Koorprodi, dosen pengampu, dan para peserta lokakarya. (nlm)