Kuliah Kerja Lapangan Mahasiswa Prodi PBSI, FBS, UNJ ke Sekolah Indonesia Kuala Lumpur

​Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI) FBS UNJ  melaksanakan Kuliah Kerja Lapangan (KKL) ke Sekolah Indonesia Kuala Lumpur pada tanggal 31 Maret 2017 pukul 09.00-11.15 waktu Kuala Lumpur. Sebanyak 87 mahasiswa didampingi Koorprodi PBSI dan 7 Dosen PBSI disambut dengan sangat baik oleh Kepala Sekolah, para Wakil Kepala Sekolah, dan para guru Sekolah Indonesia Kuala Lumpur (SIKL). Sebelum memasuki aula tempat semua berkumpul, dilakukan sesi foto bersama antara kedua pihak, yaitu mahasiswa dan dosen Prodi PBSI FBS UNJ dengan keluarga besar SIKL (Kepala Sekolah, wakil, dan guru).

Kegiatan dilanjutkan di Aula SIKL dengan pembacaan doa. Setelah itu acara dilanjutkan dengan penyampaian kata sambutan. Kata sambutan disampaikan oleh Koordinator Prodi PBSI, Ibu N. Lia Marliana, S.Pd, M.Phil. serta Kepala Sekolah Indonesia Kuala Lumpur (SIKL), yaitu Bapak Agustinus Suharto. Kemudian acara dilanjutkan dengan pemberian dan pertukaran cenderamata dari kedua pihak.

Selanjutnya, kegiatan KKL mahasiswa dilaksanakan di SD-SMA SIKL. Para mahasiswa yang telah terbagi-bagi atas tujuh kelompok pada setiap kelasnya, kemudian mulai melaksanakan tugas masing-masing. Kelompok satu menyasar wakasek kurikulum untuk menggali informasi terkait implementasi Kurikulum 2013 di SIKL dan perangkat pembelajaran yang dipersiapkan para guru. Kelompok dua mewawancarai para guru terkait pendekatan dan metode pembelajaran yang biasa dipakai di dalam kegiatan belajar mengajar. Kelompok tiga mewawancarai wakasek sarana prasarana (sarpras) terkait media pembelajaran dan  sarpras yang digunakan oleh para guru dan siswa di SIKL. Kelompok empat melaksanakan kegiatan macroteaching atau pengajaran makro di dalam kelas di kelas 6 SD, VII SMP, dan X SMA SIKL selama 20 menit dengan siswa sebenarnya. Kelompok lima kemudian mewawancarai pengelola perpustakaan untuk memotret buku teks yang dipakai siswa dan mengukur keterbacaannya dan kesesuaian dengan teori Greene and Pattie. Kelompok enam mewawancarai para guru Bahasa Indonesia terkait penggunaan penilaian autentik dalam perangkat pembelajarannya. Kelompok tujuh mewawancarai siswa dan pengelola perpustakaan terkait minat membaca siswa.

Mahasiswa Prodi PBSI aktif di dalam sesi tanya jawab dengan para guru SIKL. Sekolah Indonesia Kuala Lumpur ini telah menggunakan Kurikulum 2013. Keterbatasan yang dimiliki oleh sekolah tersebut adalah dalam bidang sarana dan prasarana yaitu kurangnya buku-buku teks untuk dipelajari siswa. Para guru dan siswa menggunakan buku yang dicetak dari Internet. Siswa-siswi yang mengikuti pendidikan di sekolah tersebut selain menggunakan buku sebagai media pembelajaran,  juga memperoleh  wawasan pengetahuan dari media elektronik. Pada kesempatan yang berbahagia tersebut, mahasiswa dan para Dosen Prodi PBSI memberikan kenang-kenangan buku-buku bacaan untuk menambah koleksi  perpustakaan sekolah yang diharapkan dapat bermanfaat bagi keluarga SIKL. Penerbit Raja Grafindo pun turut memberikan sumbangan buku-buku karya dosen UNJ untuk para guru SIKL.

Oleh karena Aula SIKL akan dipakai sebagai tempat beribadah salat Jumat bagi warga sekolah maka pada pukul 11.15 kegiatan Kuliah Kerja Lapangan mahasiswa Prodi PBSI FBS UNJ harus berakhir. Rombongan kemudian kembali memasuki bus masing-masing yang telah menunggu di luar sekolah. Koorprodi PBSI dan para dosen kemudian berpamitan kepada pihak SIKL dan mengucapkan terima kasih karena telah disambut dan diterima dengan sangat baik. (kris)