Seluruh tenaga pendidik dan kependidikan UNJ mendapat undangan dari BAAKHUM UNJ untuk mengikuti aubade UNJ. Segenap karyawan UNJ dan beberapa dosen UNJ memadati Aula Perpustakaan UNJ pada 21 Maret 2017 pukul 09.00-11.00 untuk mengikuti wawasan kebangsaan melalui lagu-lagu wajib dan lagu-lagu nasional, serta aubade UNJ. Narasumber sekaligus pemandu yang mengiringi musik dan nyanyian yaitu Bapak R.M Aditya Andriyanto, S.Pd., M.Sn.

Walaupun hampir semua peserta aubade ini para karyawan UNJ, namun tidak ketinggalan para dosen Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI) FBS UNJ, yaitu Ibu Suhertuti, Bapak Sam Mukhtar Chaniago, dan Ibu N. Lia Marliana. Dengan semangat yang tidak kalah dengan para tenaga kependidikan UNJ, ketiga dosen turut serta berlatih menyanyikan lagu-lagu nasional dan lagu-lagu daerah. Selain itu, pada kesempatan ini pun sekaligus semua peserta berlatih menyanyikan Mars Korpri, Mars UNJ, dan Himne UNJ.

Aubade ini bertujuan menumbuhkan rasa nasionalisme dan semangat perjuangan, serta menambah wawasan kebangsaan para peserta melalui lirik-lirik lagu-lagu daerah, lagu-lagu wajib, dan lagu-lagu nasional. Untuk memudahkan peserta bernyanyi dan berlatih, semua peserta mendapatkan buku saku berisi kumpulan lagu-lagu nasional, lagu-lagu daerah, dan lagu-lagu yang harus dikuasai sivitas akademika UNJ, yaitu Mars UNJ, Himne UNJ, dan Mars Korpri. (nlm)