Ada pertemuan, ada perpisahan. Meskipun hanya 19 wisudawan, Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI) Fakultas Bahasa dan Seni (FBS) Universitas Negeri Jakarta (UNJ) harus melepas dan berpisah dengan mereka. Pada Rabu, 15 Maret 2017, pukul 09.00-11.00, di Ruang Sidang Gedung Q Lantai II UNJ, dilaksanakan kegiatan Pelepasan Wisudawan dan Wisudawati Prodi PBSI FBS UNJ oleh Koordinator Prodi (Koorprodi) PBSI dan para dosen.

Setelah dibuka oleh pewara dan Ketua Panitia (Elsa) melaporkan kegiatan, Koorprodi PBSI, Ibu N. Lia Marliana kemudian memberikan sambutan. Setelah itu, para wisudawan yang diwakili oleh Krisna, Julia, dan Arief menyampaikan kesan-kesan dan ucapan perpisahan kepada para dosen Prodi. Kemudian, berturut-turut para dosen menyampaikan pesan-pesan kepada para wisudawan dan wisudawati, dimulai oleh Ibu Sri Suhita, Ibu Suhertuti, dan Ibu Nurita. Tampak Bapak Irsyad Ridho dan Ibu Rahmah Purwahida turut hadir di tengah-tengah kegiatan.

Sebagai kenang-kenangan, para wisudawan dan wisudawati memberikan bingkisan bagi Prodi PBSI yang diterima oleh Koorprodi PBSI bersama Ibu Sri Suhita. Bingkisan diberikan oleh Ketua Panitia Kegiatan Pelepasan disaksikan oleh semua yang hadir.

Pada akhir acara, dilaksanakan sesi foto bersama. Sayangnya, lebih dari separuh dosen Prodi PBSI berhalangan hadir karena ada kegiatan lain yang tak dapat ditinggalkan. Selamat menjadi alumni Prodi PBSI FBS UNJ. Semoga ilmu dan pendidikan yang telah diperoleh dapat dimanfaatkan dan dibagikan kembali untuk para siswa dan masyarakat. Sebagaimana pesan Koorprodi dan para dosen agar para wisudawan dan wisudawati tetap menjaga kesantunan dan nama baik almamater, tetap mengharumkan dan membanggakan Prodi PBSI di mana pun berada kelak, serta tidak melupakan para dosen yang telah mendidik selama ini. (nlm)