Lawatan Akademik Prodi PBSI, FBS, UNJ ke SMK Agama Kuala Lumpur

Dalam rangka pelaksanaan Kuliah Kerja Lapangan, mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI) FBS UNJ mengikuti berbagai kegiatan di Malaysia dan Singapura. Salah satu kegiatan akademiknya yaitu lawatan ke SMK Agama Kuala Lumpur di Bandar Menjalara, Kepong, Kuala Lumpur pada Kamis, 30 Maret 2017.

Lawatan tersebut dimulai dari pukul 8.30-13.00 waktu Malaysia. Rombongan dari Universitas Negeri Jakarta yaitu 87 mahasiswa dan 8 dosen Prodi PBSI disambut dengan sangat baik oleh Keluarga besar SMK Agama Kuala Lumpur. Rombongan tersebut disambut dengan persembahan yang sangat menarik oleh pelajar SMK Agama Kuala Lumpur, yaitu pencak silat dan musik tradisional kompang. Acara kemudian dilanjutkan dengan sesi foto bersama di tangga sekolah. Selanjutnya, rombongan Prodi PBSI diajak berkeliling aekolah untuk mengamati pembelajaran dan pelaksanaan Kurikulum Bersepadu Tahfiz Model Ulul Albab (TMUA).

Kebahagiaan tampak begitu jelas di wajah rombongan Prodi PBSI FBS UNJ dan keluarga besar SMK Agama Kuala Lumpur. Pukul 9.30 waktu negara Malaysia seluruh peserta kegiatan mengikuti pembacaan doa di sebuah Aula. Kemudian Pengetua SMK Agama Kuala Lumpur dan Pengarah Pejabat Pendidikan Wilayah Sentul tampil ke depan untuk memberikan kata sambutan. Setelah itu Ibu N Lia Marliana selaku Kaprodi PBSI FBS UNJ menyampaikan sambutan dan ucapan terima kasih kepada keluarga besar SMK Agama Kuala Lumpur.

Kegiatan penyampaian  sambutan dilanjutkan dengan kegiatan pelatihan pembelajaran berbasis TIK, yaitu pembelajaran Frog VLE. Mahasiswa dibagi ke dalam empat kelompok untuk mendapatkan pembelajaran  menggunakan Frog VLE dalam empat kelas, yaitu kelas Bahasa Melayu, kelas Bahasa Prancis, kelas Bahasa Inggris, dan kelas Pendidikan Agama Islam.

Para mahasiswa Prodi PBSI dan para siswa SMK Agama Kuala Lumpur mengikuti kegiatan dengan sangat aktif dipandu oleh seorang Cikgu. Berbagai jawaban menarik diberikan oleh siswa SMK Agama Kuala Lumpur dan mahaswa Prodi PBSI ketika pembelajaran Frog VLE berlangsung. Kegiatan kemudian dilanjutkan dengan kuis seputar materi pelatihan pembelajaran Frog VLE. Berbagai hadiah diterima oleh mahasiswa Prodi PBSI karena berhasil memberikan jawaban dengan baik atas pertanyaan yang diberikan oleh para cikgu SMK Agama Kuala Lumpur.

Kegiatan yang tidak kalah seru adalah penyampaian cenderamata dan sesi foto bersama  Keluarga besar SMK Agama Kuala Lumpur dengan rombongan Prodi PBSI FBS UNJ. Sebelum berakhir, tanpa diduga, SMK Agama Kuala Lumpur menyuguhkan dahulu video kunjungan Prodi PBSI dari awal kedatangan hingga saat terakhir para dosen dan mahasiswa masuk ke kelas-kelas. Sungguh sangat mengharukan karena dalam waktu sangat singkat, pihak tuan rumah mempersiapkan tayangan video tersebut dengan kemasan yang sangat menarik. Kemudian, pada penghujung lawatan, kedua belah pihak makan siang bersama di Kantin SMK Agama Kuala Lumpur. Ucapan syukur dipanjatkan seluruh mahasiswa dan dosen Prodi PBSI FBS UNJ karena lawatan akademik ke SMK Agama Kuala Lumpur terlaksana dengan sukses dan lancar. (kris)