Sebanyak 25 mahasiswa tahun ketiga dan keempat dari Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI) FBS UNJ dilibatkan untuk menyusun wacana Tes UKBI oleh Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kemendikbud (Badan Bahasa) pada 21 Februari 2017 di Aula Gedung Guru PGRI Provinsi DKI Jakarta, Jalan TB Simatupang No.48A, Tanjung Barat, Jagakarsa, Jaksel. Kegiatan ini dinamakan Kegiatan Inventarisasi dan Pengolahan Bahan Soal UKBI.

Seminggu sebelum melaksanakan kegiatan tersebut, para mahasiswa dibriefing dulu oleh Koorprodi PBSI FBS UNJ mengenai jenis dan bentuk wacana yang harus dibuat, serta kisi-kisinya. Selama seminggu, para mahasiswa menyusun teks yang berjenis dialog, monolog, dan bacaan dengan model A, model B, model C, dan model D. Kedua pulih lima mahasiswa ini berbagi tugas menyusun wacana dengan varian model dan jenisnya.

Pada saat Kegiatan Inventarisasi dan Pengolahan Bahan Soal UKBI, di antara para mahasiswa ini ditunjuk panitia menjadi pewaranya, diligent Lagu Kebangsaan Indonesia Raya, serta menjadi pemimpin doa. Materi Kemahiran Berbahasa Indonesia selama dua sesi kemudian disampaikan oleh narasumber dari Badan Bahasa, lalu materi Inventarisasi Bahan UKBI sampai saat istirahat makan siang. Setelah itu, materi yang diperoleh para mahasiswa mengenai Kaidah Bahasa dan Menulis Wacana Soal sebanyak dua sesi. Dua sesi terakhir kemudian diisi dengan paparan Analisis Teks Hasil Inventarisasi hingga pukul 17.00. (nlm)