Gedung yang baru diresmikan beberapa hari lalu, yaitu Gedung Bung Hatta menjadi lokasi Penandatanganan Kontrak bagi Dosen DPK UNJ. Tepatnya kegiatan tersebut dilaksanakan di  Lantai 5 pada Rabu, 22 Februari 2017, pukul 14.00-15.00.

Pada awal kegiatan, Bapak Sjahrian, sebagai Kepala Bakhum UNJ melaporkan dahulu kepada Rektor UNJ dan jajaran pimpinan yang hadir bahwa telah dilaksanakan tes psikologi sebagai standar dalam TKD pada 19 Januari 2017 kepada  42 calon dosen DPK. Namun, yang lolos TKD hanya 16 orang, yaitu dari FBS 2 orang, FT 4 orang, FIP 4 orang, FIS 1 orang, FE 3 orang, dan FMIPA 2 orang. Dari FBS, hanya dua program studi yang lolos TKD, yaitu Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, yaitu Ibu Marlina, M.Pd. dan dari Prodi Sastra Indonesia, yaitu Gunawan, S.Pd., M.Si..

Setelah laporan Bapak Sjahrian, Rektor UNJ memberikan sambutan. Dalam sambutannya, di antaranya beliau memaparkan bahwa selama 3 tahun, dosen yang diangkat bukan PNS, sejak tahun lalu ada moratorium. Dosen tetap ini akan mendapat NIDK. Dosen tetap dengan perjanjian kerja ini dikontral selama 2 tahun, kemudian diangkat menjadi dosen tetap Non-PNS atau diperpanjang lagi selama 2 tahun, atau dihentikan berdasarkan hasil evaluasi. Dosen Non-PNS ini digaji dari BLU.

Dalam sambutannya, Bapak Prof. Dr. Jaali Ini menegaskan bahwa di antara 42 calon Dosen DPK yang mengikuti Psikotes, yang lulus hanya 16 orang. Yang nilai TKD bagus saja yang lulus. Keenambelas orang ini kualitasnya memenuhi standar. Diharapkan jika tes CPNS akan lulus. “Tidak peduli anak dosen, jika tidak lulus TKD, tidak akan diterima.” tambah beliau.

Di sela-sela sambutannya, Rektor UNJ memperkenalkan para dekan yang hadir kepada 16 Dosen DPK. Tampak Dekan FBS, Bapak Prof. Dr. Aceng Rahmat, M.Pd. hadir di jajaran terdepan bersama para dekan dari fakultas lain yang juga memperoleh Dosen DPK. Koordinator Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Ibu N. Lia Marliana, M.Phil.(Ling) juga hadir menyaksikan pelaksanaan penandatanganan surat kontrak Ibu Marlina, M.Pd.

Dosen DPK dari Prodi PBSI FBS UNJ ini merupakan alumni Prodi PBSI FBS UNJ yang telah menamatkan pendidikan S2 di Program Bahasa Pascasarjana UNJ. Beliau selama ini membantu BIPA (Bahasa Indonesia untuk Penutur Asing) UNJ sebagai Koordinator Lapangan dan turut pula mengampu BIPA beberapa tahun ini. Kini, Ibu Marlina, M.Pd. membantu Prodi PBSI mulai 1 Maret 2017-2019 mengampu mata kuliah kesastraan dan Pengajaran BIPA. (nlm)