Setelah melaksanakan kegiatan Orientasi Awal PPG SM3T pada 13-15 Februari 2017 di UNJ, para peserta kemudian mulai melaksanakan kegiatan Workshop Penyusunan Perangkat Pembelajaran di Gedung Adm Lantai 3 dan 4 UNJ pada 16 Februari 2017. Demikian pula dengan para guru PPG SM3T Bahasa Indonesia. Sebanyak 18 peserta yang telah menjalani pengabdian mengajar di daerah 3T memilih UNJ sebagai LPTK yang nantinya akan memberikan gelar Guru (Gr.) kepada mereka. Mereka memperoleh Orientasi Prodi dahulu di Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI) FBS UNJ oleh Koordinator Prodi PBSI (Ibu N. Lia Marliana) dan Koordinator PPG Prodi PBSI (Ibu Suhertuti).

Pada hari pertama kegiatan Workshop SSP (Subject Specific Pedagogy) PPG SM3T, peserta memperoleh pendalaman materi mengenai Kurikulum 2013 oleh Koordinator Prodi PBSI. Kemudian, Koordinator PPG menjelaskan tentang kegiatan PPG selama setahun, dari mulai workshop enam siklus selama satu semester hingga melaksanakan PPL di sekolah mitra pada semester kedua.

Pada hari kedua workshop, peserta PPG yang kemudian disapa “Laskar Bahasa V” ini mengunjungi prodi dengan mengenal lebih dekat ruangan-ruangan dan sarana prasarana yang dapat digunakan mereka. Mereka kemudian belajar di Ruang Perpustakaan Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia, sekaligus mendaftar menjadi anggota baru perpustakaan prodi. Mereka menyusun Rencana Program Pembelajaran (RPP) sambil mengakses sumber dan rujukan yang tersedia di ruangan perpustakaan tersebut.

Kegiatan workshop ini dilaksanakan dari pukul 08.00-16.30 setiap Senin-Kamis, serta pukul 08.00-17.30 setiap Jumat. Workshop SSP ini dilaksanakan sebanyak enam siklus dan akan berakhir pada 26 Juni 2017.

Berikut ini adalah kedelapan belas peserta PPG SM3T dari Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia beserta perguruan tinggi asal: 1) Lucyega Putra Neda Suganda, Bandung, UPI, 2) Imam Arifudin, UNJ (Cilacap, Jateng); 3) Mira Ardiani Wulandari, Tangerang, UNTIRTA; 4) Ovet Novita Sari, Bengkulu, UNIB; 5) Ria Anggraeni, Lampung, Unila; 6) Reni Sofiani, Lampung, Unila; 7) Achmad Rizwan, Lembang, UPI; 8) Dewi Rukmini, Garut, STKIP Garut; 9) Muhammad Yazid Ruqash, Cirebon, Unswagati; 10) ALI, Cirebon, Unswagati; 11) Haris Nur Prasetyo, Lampung, Unila; 12) Jihan Novita Sari, Blora (Jateng), UMS (Solo); 13) Evi Tri Utami, Klaten, UNS (Solo); 14) Siti lutfiah, Bogor, (UNJ); 15) Pipit Nurpitamaya, Bogor (UNPAK); 16) Iqbal Yusuf, Lampung, STKIP PGRI; 17) Anjar Gumilar, Bogor, STKIP Muhammadiyah Bogor; dan 18) Bambang Hermanto, Brebes ,STKIP Siliwangi Bandung. (nlm)