Dosen wajib melaksanakan Tridarma Perguruan Tinggi, yaitu pengajaran, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. Salah satu contoh bentuk pengabdian kepada masyakat adalah dengan memberikan pelatihan kepada para guru.

Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI) FBS UNJ tak ketinggalan terlibat dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat. LPPPM UNJ menugaskan Koordinator Prodi PBSI untuk menjalin kemitraan pengabdian kepada masyarakat dengan PT Pupuk Iskandar Muda (PIM) di Aceh Utara bersama dengan empat prodi di UNJ.  PT PIM ini menyelenggarakan kegiatan Pelatihan Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Kurikulum 2013 bagi para guru TK, SD, SMP, dan SMA di wilayah PT PIM dan di luar PT PIM. Melalui LPPPM UNJ, kegiatan ini terlaksana dengan menggandeng lima program studi di UNJ, yaitu Bahasa Indonesia, MIPA, IPS, PGTK, dan PGSD. Bersama dengan Koordinator Pusat Pengembangan Akademik dan Layanan Disabilitas, Bapak Dr. Asep Supena, M.Psi.,  kelima utusan prodi menjadi narasumber dalam kegiatan pelatihan tersebut. Selain Koordinator Prodi PBSI, keempat yang lain ialah Koordinator Prodi Sejarah (Bapak Dr. Muhtar), Koordinator Prodi PGTK (Ibu Dr. Yuliani), perwakilan Prodi PGSD (Ibu Dr. Yurniwati), dan perwakilan Prodi Matematika (Bapak Ade Suryanda, M.Si.).

Pelatihan dilaksanakan pada 9-12 Februari 2017 di dua tempat, yaitu di Aula PT PIM dan di SMP Swasta Iskandar Muda, di Jalan Singgalang, Kompleks Perumahan PIM, Desa Krueng Geukueh, Kecamatan Dewantara, Kabupaten Aceh Utara. Sebanyak 110 guru dari beberapa sekolah di wilayah Aceh Utara, baik dari dalam PIM maupun di luar PIM terlibat sebagai peserta. Kegiatan ini dihadiri oleh Kepala Dinas Pendidikan Aceh Utara, Direktur PT PIM, Kepala YKK-PIM serta jajarannya, dan para kepala sekolah. (nlm)