Liputan Pementasan Teater Mata “Lakon Barabah” Karya  Motinggo Busye

Pada Rabu, 18 Januari 2016 Mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia kelas 3 PB 1 yang tergabung dalam Teater Mata mempersembahkan Lakon Barabah dalam rangka UAS mata kuliah Apresiasi Drama Prodi PBSI Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Jakarta di Aula S Universitas Negeri Jakarta. Acara tersebut dimulai dari pukul 19.00-21.00 WIB.

Pementasan Lakon Barabah oleh Teater Mata dibimbing oleh Bapak Irsyad Ridho, Bapak Gilang Saputro, dan Ibu Rahmah Purwahida. Pementasan Lakon Barabah sangat menarik hati para penonton yang menyempatkan menyaksikan acara tersebut sehingga memenuhi ruangan Aula S. Peserta yang hadir tersebut terdiri atas berbagai usia, mulai dari siswa SMP, SMA, hingga mahasiswa, guru, dan dosen.

Lakon Barabah disutradarai oleh Ika Fatimah. Aktor dalam pementasan tersebut yaitu Anggia Venty Bastian sebagai Barabah, Alan Supriyadi sebagai Banio, Indah Kemala Putri sebagai Zaitun, dan M. Iqbal sebagai Adibul.

Lakon Barabah menceritakan kisah realita kehidupan rumah tangga. Seorang wanita bernama Barabah, istri ke-12 yang ketakutan suaminya yang bernama Banio akan menikah lagi. Pada suatu waktu seorang wanita tak dikenal datang tanpa permisi dan meninggalkan teka-teki di rumah Barabah dan Banio. Beberapa waktu kemudian, Banio suami Barabah malah memergoki Barabah sedang berduaan dengan laki-laki lain yang bernama Adibul. Alhasil kedatangan seorang wanita yang bernama Zaitun dan Adibul ke rumah Barabah dan Banio mengungkapkan kebenaran bahwa Zaitun adalah anak dari istri Banio yang bernama Rabiatun. Zaitun dan Adibul datang ke rumah tersebut dengan tujuan ingin meminta restu kepada orang tuanya untuk melaksanakan pernikahan. Akhirnya Banio dan Barabah memberikan restu kepada Zaitun dan Adibul. Barabah dan Banio merajut kasih sebagai pasangan suami istri yang dipenuhi dengan kasih sayang.

Pementasan tersebut sangat menghibur seluruh peserta yang hadir. Berbagai pujian dilayangkan kepada Teater Mata. Pementasan Teater Mata tersebut berhasil karena kerja sama yang dijalin dengan baik oleh Sutradara, Aktor dan seluruh divisi yang mendapatkan amanah dalam mempersembahkan pementasan tersebut. (Kris)