UJIAN TULIS NASIONAL (UTN) Ulang PPG SM3T UNJ

Ujian Tulis Nasional (UTN) peserta PPG SM3T UNJ yang dilaksanakan 10 Desember 2016 lalu sayangnya menyisakan sejumlah peserta yang belum berhasil lulus pada UTN pertama. Oleh sebab itu, pada 21 Desember 2016, secara serentak dilaksanakan kembali UTN ulang I di Pustikom UNJ mulai pukul 08.00-10.00 pada sesi I dan pukul 10.00-12.00 pada sesi II.

Demikian pula peserta PPG SM3T Bahasa Indonesia dari Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI) FBS UNJ.  Sayangnya masih ada peserta yang belum beruntung pada UTN pertama. Pada kesempatan ini mereka melaksanakan UTN ulang di Pustikom dengan pengawas Ibu N. Lia Marliana, penanggung jawab ruang Bapak Agus Dudung, dan satu teknisi dari Pustikom. Pada ruangan lain, terdapat pula tiga orang yang bertugas mengawas, sebagai penanggung jawab ruang, dan teknisi yang ditugaskan LP3M UNJ.

Terdapat beberapa permasalahan selama UTN berlangsung. Misalnya ada empat soal Bahasa Indonesia yang tak ditemukan jawaban yang benar sehingga peserta mengisi seadanya walaupun itu sudah pasti jawaban salah; ada pula disconnected atau hubungan terputus sehingga peserta harus berpindah komputer. Semua permasalahan ini dicatat dalam berita acara UTN. Diharapkan tidak ditemukan lagi hal-hal seperti ini dalam UTN tahun berikutnya. (nlm)