Perjalanan peserta PPG SM3T di UNJ dan seluruh LPTK di tanah air pada tahun 2016 ini sudah hampir di penghujung. Setelah melaksanakan seminar PTK, mereka mempersiapkan pendalaman materi bidang studi di prodinya masing-masing untuk menghadapi Ujian Tulis Lokal (UTL) dan Ujian Tulis Nasional (UTN).

Demikian pula dengan Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (Prodi PBSI) FBS UNJ. Prodi mempersiapkan peserta PPG SM3T Prodi PBSI angkatan keempat 2016 yang disapa “Laskar Bahasa” ini dengan bersungguh-sungguh. Hal ini tampak pada pendalaman materi profesional yang diberikan Prodi PBSI kepada Laskar Bahasa 4. Dua dosen Prodi PBSI yang terlibat memberikan pendalaman materi sastra ialah Ibu Sri Suhita dan materi linguistik oleh Ibu Sintowati Rini Utami pada 5-8 Desember 2016 di Prodi PBSI.

Pada Sabtu, 10 Desember 2016 pukul 08.00-09.40, Laskar Bahasa 4 menjalani Ujian Tulis Nasional (UTN) di UNJ. Para peserta PPG SM3T ini tersebar pada beberapa laboratorium komputer yang ada di UNJ, yaitu Pustikom, Labkom FE 1, 2, dan 3. Pengawas dari Prodi PBSI ialah Ibu Nurita Bayu Kusmayati. Kesempatan mengikuti UTN ulang 1 dan 2 diberikan kepada peserta PPG apabila mereka tak lulus UTN pertama. Diharapkan Laskar Bahasa tahun ini bisa melalui semua tahapan Pendidikan Profesi Guru dengan baik dan sukses. Mereka lulus dengan hasil terbaik. (nlm)