PPG SM3T telah usai melaksanakan kegiatan PPLdi sekolah-sekolah mitra.Selama melaksanakan PPL, mereka menyusun Laporan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) terhadap  permasalahan siswa di kelas yang diampu. Tidak ketinggalan pula Peserta PPG SM3T Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI). Sebanyak 5 kelompok pengajar tersebar melaksanakan PPL di lima sekolah. Hasil PTK yang telah disusun kemudian diseminasikan di UNJ.

Pada Senin-Rabu, 28-30 November 2016, Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI) FBS UNJ menyelenggarakan pekan Seminar Penelitian Tindakan Kelas bagi para Guru PPG SM3T di ruangan Gedung Q dan Aula CD UNJ. Senin, 28 November 2016, sebanyak 5 guru PPG menempuh seminar PTK di Prodi PBSI diuji oleh Bapak Edi Puryanto pada pukul 13.00-15.00 WIB.

Kelompok kedua sebanyak lima guru PPG SM3T melaksanakan seminar PTK diuji oleh Ibu Sintowati Rini Utami pada pukul 10.00-12.00 di Ruangan Sidang Prodi PBSI.Selanjutnya Rabu, terdapat tiga kelompok yang secara serentak melaksanakan seminar PTK di Aula CD dengan penguji Bapak Sam Mukhtar Chaniago, serta di ruang Gedung Q dua kelompok masing-masing diuji oleh Ibu Liliana Muliastuti dan Ibu N.Lia Marliana.

Setelah seminar PTK ini, para guru PPG harus menghadapi Ujian Tulis Lokal dan Ujian Tulis Nasional sebagai ujung perjalanan Pendidikan Profesi Guru yang selama hampir setahun ini telah ditempuh di UNJ. (nlm)