Dialog Dosen dan Mahasiswa

Untuk menciptakan suasana atmosfer yang positif antara dosen dan mahasiswa, Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI) bersama Badan Eksekutif Mahasiswa Prodi PBSI melaksanakan kegiatan rutin setiap tahunnya melalui Dialog Dosen dan Mahasiswa (Dosma). Kegiatan ini dipanitiai oleh BEMP PBSI, dengan ketua Intan Yuliana. Kegiatan yang berlangsung pada Senin, 21 November 2016 pukul 13.30-16.00 ini dilaksanakan di ruang perkuliahan Q.105.

Kegiatan Dosma ini dihadiri oleh para undangan dari FBS yaitu Wakil Dekan III Bidang Kemahasiswaan dan Kerja Sama, yaitu Ibu Sri Suhita; Kabag TU FBS, Bapak Didik Laksono; serta Kasubag Perlengkapan, Kepegawaian, dan Barang Milik Negara yaitu Bapak Ruswandi.

Sebelum dibuka oleh Wadek III FBS,
Ibu N.Lia Marliana sebagai Koordinator Prodi PBSI menyampaikan sambutannya di hadapan para undangan dari FBS, serta para dosen yang hadir yaitu Ibu Rahma Purwahida  (Dosen Pembimbing BEMP PBSI), Ibu Siti Ansoriyah, Bapak Edi Puryanto, Ibu Reni Nur Eriyani, dan Ibu Suhertuti, serta para mahasiswa Prodi PBSI dari berbagai angkatan. Pewara Dosma adalah Makna Nur Makrifah.

Acara ini sangat menarik karena para dosen dan mahasiswa peserta Dosma sangat antusias tatkala berdiskusi tentang permasalahan dan solusinya. Berbagai topik yang memikat hati serta bermanfaat telah dipersiapkan dan disusun dengan baik oleh tim aspirasi dari BEMP PBSI.
​Apresiasi diberikan kepada Prodi PBSI karena tersedianya fasilitas Laboratorium Bahasa yang hanya dimiliki oleh Prodi PBSI, perpustakaan, loker yang digunakan untuk menyimpan barang kepentingan kelas, kamar mandi yang bersih, serta ruangan belajar yang nyaman untuk dosen dan mahasiswa mengikuti berlangsungnya proses belajar-mengajar.
Setelah Apresiasi dipaparkan, tim aspirasi kemudian menyampaikan hasil aspirasi mahasiswa yang dikumpulkan dari ratusan responden yang terdiri dari Mahasiswa Prodi PBSI. Aspirasi mahasiswa tersebut  mengenai bidang akademik, beasiswa, keuangan, serta sarana dan prasana Prodi PBSI yang disertai dengan tanggapan serta solusi dari mahasiswa. Topik yang disuguhkan tersebut kemudian dibahas dalam dialog antara dosen dan mahasiswa yang hadir.

Ketua BEMP PBSI Achmad Arif Abdillah memoderatori dialog tersebut. Bapak Didik menyampaikan bahwa Gedung Q pada tahun depan akan direnovasi sehingga kegiatan perkuliahan Prodi PBSI akan dipindahkan ke IDB I dan IDB II. Demikian pula Bapak Ruswandi menyampaikan perihal sarana dan prasarana prodi yang berada di bawah pengelolaan dan pemeliharaan Fakuktas. Dosen yang turut serta dalam kegiatan tersebut juga memberikan banyak informasi dan motivasi yang sangat mendukung mahasiswa untuk menjadi lebih baik. Kegiatan ini diakhiri dengan foto bersama Kaprodi, Dospem BEMP PBSI, dan panitia Dosma.

Kesimpulan yang didapatkan berdasarkan dialog tersebut yaitu bahwa secara keseluruhan, Prodi PBSI sudah berusaha dan berhasil memfasilitasi kegiatan perkuliahan, namun masih ada yang harus dibenahi melalui kerja sama yang terjalin antara Prodi dan mahasiswa agar tercipta suatu sinergi yang baik. (Kris)
.