Tujuh dosen Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI) FBS UNJ pada Kamis, 17 November 2016 pukul 09.00-16.00 di Gedung Samudera lantai II mengikuti Pelatihan Merancang Penelitian Bahasa Ibu di Nusantara. Kegiatan ini diselenggarakan oleh Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa bekerja sama dengan Masyarakat Linguistik Indonesia.

Sintowati Rini Utami, N. Lia Marliana, Suhertuti, Reni Nur Eriyani, Siti Ansoriyah, Nurita Bayu Kusmayati, dan Rahmah Purwahida tampak antusias mengikuti pelatihan tersebut dari pagi hingga petang. Pelatihan ini sangat penting dan bermanfaat karena setiap tahunnya, para dosen mempunyai kewajiban melaksanakan penelitian sebagai bagian dari tugas Tridarma Perguruan Tinggi.

Sebelum pemaparan narasumber dari Unika Atmajaya, Prof. Dr. Dadang Sunendar Kepala Badan Bahasa membuka secara resmi kegiatan pelatihan dan memberikan paparan awal mengenai bahasa ibu, dasar hukumnya, serta tujuan dan tahapan konservasi dan revitalisasi bahasa. Kepala Badan Bahasa ini mengangkat topik Kebijakan Pelindungan Bahasa di Indonesia.

Narasumber pelatihan ini sudah tak asing lagi dalam kancah linguistik di Indonesia. Pakar linguistik yang mengajar di Universitas Kristen Atmajaya (Unika Atmajaya) ini ialah Ketua MLI Pusat, Ibu Khaterina dan Bambang Kaswanti Purwo. Kedua narasumber berkolaborasi memberikan wawasan mengenai penelitian bahasa ibu dan metodologi penelitiannya dikaitkan dengan dunia pendidikan atau pengajaran di sekolah. (nlm)