Pada Rabu, 31 Maret 2021, pukul 07.30-09.30 WIB, Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI) Fakultas Bahasa dan Seni (FBS) Universitas Negeri Jakarta (UNJ) menyelenggarakan pelatihan Open Broadcaster Software Studio (OBS Studio) bagi mahasiswa mata kuliah Keterampilan Berbicara Interaktif (KBI). Dosen pengampu mata kuliah tersebut, Ibu Dr. Fathiaty Murtadho, M.Pd. Pelatihan ini diselenggarakan untuk menunjang persiapan mahasiswa dalam menyelenggarakan webinar yang akan diadakan pada akhir semester 114 sebagai penilaian Ujian Akhir Semester (UAS).

Narasumber dalam pelatihan ini yaitu Bapak Muh. Fauzi, M.Pd. Narasumber memaparkan materi dengan sangat jelas mengenai pengertian web-casting broadcast, jenis-jenisnya sehingga mahasiswa dapat memahaminya dengan mudah. Narasumber juga memberikan contoh dan menjelaskan langkah-langkah cara penggunaan OBS Studio. Kemudian dibuka sesi tanya jawab bagi mahasiswa yang belum mengerti dan ingin bertanya lebih lanjut cara penggunaan dan fungsi setiap ikon pada OBS Studio.

Setelah sesi tanya jawab, mahasiswa diminta untuk menampilkan hasil penggunaan OBS Studio. Beberapa mahasiswa berhasil memaparkan dan menggunakannya dengan baik, namun ada juga beberapa mahasiswa yang terkendala dikarenakan laptop tidak mendukung untuk mengunduh OBS Studio versi terbaru. Di akhir perkuliahan, narasumber mengingatkan kepada mahasiswa agar tidak melupakan bagian-bagian penting dari penggunaan OBS Studio agar saat live streaming di Youtube nanti dapat menghasilkan yang terbaik. (ASP)