Pada Senin-Jumat, 16-20 November 2020, di LAN Jatinangor, Sumedang, dilaksanakan Pelatihan Dasar (Latsar) CPNS Golongan III Angkatan IV Tahun 2020. Latsar ini diselenggarakan oleh Pusat Pelatihan dan Pengembangan dan Pemetaan Kompetensi Aparatur Sipil Negara Lembaga Administrasi Negara (Puslatbang PKASN LAN) secara daring dan tatap muka dengan protokol kesehatan secara ketat. Dosen Program Studi (Prodi) Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI) Fakultas Bahasa dan Seni (FBS), Universitas Negeri Jakarta (UNJ), yang mengikuti kegiatan ini yaitu Etsa Purbarani, M.Pd., Reni Oktaviani, M.Pd., dan Nur Sekhudin, S.Pd., M. Hum.

Salah satu syarat peserta mengikuti latsar secara klasikal ini yaitu peserta menginformasikan hasil nonreaktif rapid test atau negatif untuk tes PCR kepada panitia penyelenggara. Saat tiba di Puslatbang PKASN LAN Jatinangor, penyelenggara melakukan rapid test antigen kepada seluruh peserta latsar. Kegiatan ini berlangsung secara klasikal dan melalui Zoom Meetings.

Pihak Puslatbang PKASN LAN Jatinangor melakukan pengecekan suhu setiap pagi dan sore. Adapun, materi Latsar tahap akhir ini berupa Bela Negara, Pembimbingan Pra Evaluasi Aktualisasi, Seminar Evaluasi Pelaksanaan Aktualisasi, dan Penutupan. Tahap seminar Evaluasi Pelaksanaan Aktualisasi dilaksanakan selama satu hari. Peserta diberikan waktu selama 45 menit untuk memaparkan hasil aktualisasi yang telah dibuat. Para peserta latsar sekaligus Dosen CPNS Prodi PBSI berterima kasih kepada Ibu Dr. Siti Ansoriyah, M.Pd., selaku mentor dan Koordinator Prodi PBSI yang telah memberi banyak masukan dan motivasi. Selain itu, Bapak Ir. Dayat NS Wiranta, M.Sc., selaku coach yang memberikan arahan dan bimbingan dalam penyusunan laporan aktualisasi. (RO)