Tahun 2020 ini, Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI), Fakultas Bahasa dan Seni (FBS), Universitas Negeri Jakarta (UNJ) kembali mendapatkan amanah melaksanakan Program Pendidikan Profesi Guru (PPG) dalam Jabatan (Daljab) pada angkatan I (tahap I). Sebanyak 30 peserta mahasiswa PPG yang merupakan guru Bahasa Indonesia dari wilayah Banten dan Kalimantan ini mengikuti Program PPG UNJ sejak Agustus hingga Desember 2020.

Fase 1-8 telah dilalui semua peserta PPG Bahasa Indonesia hingga pada 18-19 November 2020 semua peserta PPG tahap I menjalankan Uji Kompetensi Mahasiswa (UKM) PPG berupa Uji Kinerja (Ukin) secara serentak yang meliputi penilaian portofolio, penilaian unjuk kinerja (praktik pembelajaran), dan penilaian Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). Penilaian Ukin ini melibatkan 14 penguji, yaitu 7 dosen dari Prodi PBSI dan Sastra Indonesia, serta 7 guru dari sekolah-sekolah mitra Prodi PBSI. Pelaksanaan penilaian Ukin dilakukan secara daring melalui aplikasi UKMPPG yang dikelola Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (Dirjen GTK).

Pelaksanaan Uji Pengetahuan (UP) dilaksanakan setelah selesai Ukin. UP terbagi atas 4 gelombang. Gelombang terakhir UP pada 19-20 Desember 2020. Sebagian besar peserta PPG Bahasa Indonesia melaksanakan UP di LPTK Tanjungpura Kalimantan dan LPTK Untirta Banten. Sementara hanya empat peserta PPG Bahasa Indonesia yang mengikuti UP di UNJ pada 19 Desember 2020. Pada kesempatan UP tahun 2020 ini, terlibat dua dosen Prodi PBSI mengawas UP pada gelombang ketiga, yaitu Ibu Reni Oktaviani, M.Pd. dan Ibu Nurita Bayu Kusmayati, M.Pd., sementara dua dosen lainnya terlibat di gelombang keempat yaitu Ibu N. Lia Marliana, S.Pd., M.Phil.(Ling.) dan Ibu Dr. Siti Ansoriyah, M.Pd.

Dengan demikian, kegiatan Program PPG Daljab Bahasa Indonesia tahap I tahun 2020 ini telah selesai dilaksanakan. Koordinator PPG Bahasa Indonesia, Ibu N. Lia Marliana dan admin LMS Bahasa Indonesia Bapak Nur Sekhudin, pun telah pula menyelesaikan laporan akhir kegiatan PPG ini bersama-sama  koordinator PPG mata pelajaran lainnya dan admin kelas PPG pada saat Workshop Finalisasi Pelaksanaan Program PPG UNJ beberapa waktu lalu. Kini, semua stakeholder PPG tengah berdebar menantikan pengumuman kelulusan UKMPPG pada awal tahun mendatang. Diharapkan, peserta PPG Bahasa Indonesia UNJ lulus 100% dengan hasil sangat baik. (nlm)