Jurnal ilmiah merupakan sebuah topik yang penting untuk dibahas karena memberikan manfaat yang besar bagi banyak orang. Kali ini, Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia mengadakan acara yang sangat bermanfaat bagi pengembangan budaya akademik dosen dan mahasiswa, yaitu Pelatihan Pengelolaan Jurnal Ilmiah.

Acara Pelatihan Pengelolaan Jurnal Ilmiah Prodi ini diadakan pada Senin, 10 Oktober 2016 bertempat di Aula CD Universitas Negeri Jakarta. Acara ini dimulai pada pukul 13.00 WIB. Kegiatan pelatihan ini memang khusus diselenggarakan bagi para pengelola jurnal Prodi PBSI, baik dosen maupun mahasiswa. Pengelola jurnal prodi, yaitu Rahmah Purwahida M.Hum dan Dr.Siti Ansoriyah, M.Pd, serta dibantu oleh beberapa mahasiswa Prodi PBSI.

Ketua Program Studi PBSI  N.Lia Marliana, S.Pd, M.Phill. hadir memberi sambutan dan membuka kegiatan ini. Sementara itu, Rahmah Purwahida, M.Hum. memoderatori acara tersebut dengan sambutan hangat dan wajah yang ramah sehingga membuat peserta menjadi bersemangat mengikuti acara.

Narasumber acara Pelatihan Pengelolaan Jurnal Ilmiah Prodi  ialah Bambang Prasetya Adhi, S.Pd, M.Kom. Beliau menyampaikan materi tentang kewajiban memublikasikan jurnal cetak dan jurnal online. Dalam psnjelasannya, beliau menekankan bahwa dosen Prodi S1 harus memiliki makalah yang terbit di jurnal ilmiah, sementara dosen Prodi di S2 harus memiliki makalah yang terbit di jurnal ilmiah nasional, terutama yang terakreditasi Dikti. Selain itu, dosen S3 harus memiliki makalah yang sudah diterima terbit di Jurnal Internasional.

Paparan lain narasumber tentang perlu ya jurnal prodi yang terakteditasi. Ini adalah tantangan bagi prodi. Hal ini karena, syarat akreditasi jurnal berskala ilmiah yang daring atau online, yaitu memiliki ISSN, ada versi elektronik, terbitan berskala ilmiah harus bersifat ilmiah, jurnal harus memuat minimal 5 artikel dalam setiap terbitan, akreditasi ulang diajukan di bulan sebelum masa habis, penulis telah memiliki website jurnal online dan mengetahui statistik pengunjungnya. Sementara itu, terbitan berkala ilmiah yang gagal mendapatkan akreditasi diperbolehkan mengajukan lagi paling cepat setelah 1 tahun dan untuk mendapatkan ISSN cetak dan online harus membayar sebesar RP200.000,00.

Universitas Negeri Jakarta memiliki Jurnal Online dan Portal Jurnal Online. Portal Jurnal Online yaitu aplikasi yang memublikasikan jurnal cetak.

Peserta mengikuti acara dengan baik. Hal itu terlihat dari sikap antusiasme peserta memperhatikan narasumber ketika menyampaikan materi. Ketika proses diskusi berlangsung, terjadi sesi tanya-jawab antara peserta dan narasumber. Narasumber juga menjelaskan materi tentang Jurnal Dalam Jaringan, Aplikasi Geogle Scholar, dan Journal Management Jurnal Management memiliki aspek penting yaitu adanya Editors, Autentifikasi, Selection Editors, Reviewers, Authors, Readers, Subcription Managers yang masing-masing memiliki akun sendiri. Narasumber dan Moderator mengajak dan memotivasi para peserta untuk membuat akun Geogle Scholar. Kegiatan pelatihan berjalan dengan lancar dari pembukaan hingga penutupan. Salam dan Kata Penutup disampaikan oleh moderator Rahmah Purwahida M.Hum. pada pukul 16.30. (Kris)