Pada Sabtu, 31 Oktober 2020, diadakan Pelatihan Daring Strategi Pembelajaran Kreatif Menulis Puisi untuk Mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Jakarta. Pelatihan tersebut diadakan pada pukul 09.00-13.00WIB melalui aplikasi Zoom Meetings . Peserta yang berpartisipasi dalam pelatihan angka tersebut sekitar 45 mahasiswa yang berasal dari angkatan aktif pada Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (Prodi PBSI), yaitu angkatan 2020, 2019, 2018, 2017, bahkan 2015.

Pelatihan Daring Strategi Pembelajaran Kreatif Menulis Puisi untuk Mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FBS UNJ dibuka oleh Koordinator Prodi PBSI, Dr. Siti Ansoriyah, M.Pd. pada pukul 09.00 WIB tepat. Selanjutnya, acara langsung pada materi dan pelatihan yang disampaikan oleh narasumber yang juga merupakan dosen Prodi PBSI FBS UNJ, yaitu Ibu Etsa Purbarani, M.Pd. Materi pertama yang diuraikan termasuk (a) konsep strategi medan kata, (b) orientasi strategi medan kata, (c) strategi medan kata, dan (d) langkah-langkah penerapan strategi medan kata yang terdiri atas tahap medan pengetahuan, medan puitika, medan olah imaji, serta medan purna.

Setelah penjelasan materi, pelatihan dilanjutkan pada praktik menulis puisi dengan mengikuti tahapan strategi medan kata. Pada tahap pertama, yaitu medan pengetahuan, peserta dipandu untuk menentukan ide penulisan puisi melalui sajian informasi dari video ilmu pengetahuan (sains). Pada tahap kedua, yaitu medan puitika, peserta dibimbing untuk mulai menulis puisi dengan memperhatikan unsur-unsur pembangun puisi hingga memproduksi draf puisi. Selanjutnya, draf puisi disunting dan disempurnakan oleh para peserta pada tahap ketiga, yaitu tahap medan olah imaji. Puisi yang sudah disempurnakan tersebut dibacakan untuk diapresiasi oleh peserta lainnya melalui tahap terakhir, yaitu tahap medan purna. Setelah keempat tahap dalam strategi tersebut dipraktikkan, pelatihan daring pun ditutup dan berakhir pada pukul 13.00 WIB. (sf)